PELA PELATIHAN TIHAN PENULISAN CERIT CERITA ANAK BAGI GURU TK ABA Se-KOT KOTA MALANG

Authors

  • Sugiarti .

DOI:

https://doi.org/10.22219/dedikasi.v6i0.776

Abstract

Secara keseluruhan tujuan kegiatan pelatihan untuk memberikan pemahaman
serta ketrampilan yang memadai berkaitan dengan (1) proses kreatif dalam hal
membangkitkan imajinasi guru TK ABA; (2) aspek-aspek dalam penciptaan cerita
anak; (3) menuliskan cerita anak pada akhir pelatihan . Ketrampilan ini lebih lanjut
akan memotivasi guru TK untuk terus berproses dalam mengasah pengalaman
imajinatif dalam menciptakan cerita sebagai aktivitas rekreatif, kreatif dan
produktif.
Adapun metode yang digunakan dalam penerapan Ipteks mencakup: (1) brainstorming
antar guru, kemudian masing-masing diberi tugas untuk melakukan
proses kontemplasi dan imajinasi; (2) ceramah, diskusi dan tanya jawab terkait
dengan pengetahuan dasar yang memadai dengan aspek-aspek yang harus dipenuhi
dalam penciptaan cerita anak (baik aspek instrinsik maupun aspek ekstrinsik); (3)
penugasan guru diharapkan mampu menuliskan cerita anak dengan cara
mengeksplorasi segala sesuatu yang terkait dengan proses kreatif dan pemahaman
aspek-aspek penciptaan cerita dalam bentuk ketrampilan produktif / naskah cerita
(tulisan yang indah dan menarik pembaca).
Hasil yang diperoleh dari kegiatan pelatihan bahwa guru TK ABA se- Kota
Malang mampu melakukan proses kreatif dengan baik dan menghasilkan tulisan
dalam bentuk cerita anak. Dari tulisan tersebut akan dihimpun dalam bentuk
kumpulan cerita anak.

 

Kata Kunci Kunci: proses kreatif, pengalaman imajinatif, cerita anak

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-05-05

Issue

Section

Articles