PRODUKSI APEL ORGANIK, BIOPESTISIDA DAN MIKROBA DEKOMPOSER

Authors

  • Henik Sukorini

DOI:

https://doi.org/10.22219/dedikasi.v6i0.783

Abstract

Produk dari unit Uji yang telah dijalankan adalah produksi buah apel organik yang bebas pestisida kimia dan pupuk kimia, Biopestisda dan Mikroba dekomposer dengan 2 merk yaitu ”Trichoderma” yang dipasarkan oleh PT. Agro Duaribu Sejahtera dengan kemasan 0,5 l dan ”M-super” oleh FP-UMM dengan kemasan 0,5 l, 5 l, dan 20 l. 
    Terdapat tiga kebun Produksi apel organik  yaitu desa Bumiaji, Njunggo dan Sumbergondo Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.  Jumlah masing-masing tanaman adalah berturut-turut sebagai berikut 198, 500 dan 895 tanaman.  Keadaan semua kebun pada awal pengelolaan adalah dalam kondisi rusak parah, namun dengan adanya teknologi organic dalam jangka waktu satu tahun kondisi tanaman dapat kembali sehat.
    Produksi rata-rata setiap 200 pohon dengan teknologi organic ini mencapai 2,2 -2,4 ton, dengan jumlah grade A dengan ukuran diameter kurang lebih > 7cm/ 1 kg berisi  kurang lebih 4-5 buah) semakin lama semakin meningkat.  Demikian Juga permintaan akan produk biopestisida dan mikroba decomposer juga mengalami peningkatan.

Kata kunci: Apel Organik, Biopestisida, Mikroba Dekomposer

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-05-05

Issue

Section

Articles