Peningkatan Ketrampilan Bercakap Bahasa Arab dan Metode Pembelajarannya untuk Guru Bahasa Arab Sekolah Swasta Se-Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.22219/dedikasi.v5i0.860Abstract
Dalam kaitannya dengan pembelajaran bahasa
Arab,
persoalan kompetensi guru termasuk menjadi salah satu problem
utama yang dihadapi oleh lembaga-lembaga pendidikan swasta
yang mengajarkan bahasa Arab di kota Malang. Dalam penelitian
yang pernah penulis lakukan pada tahun 2001 dengan sampel
guru-guru bahasa Arab di enam SLTP Muhammadiyah Malang
ditemukan bahwa tiga problem utama yang dijadapi oleh sekolahsekolah
Muhammadiyah kota Malang dalam pembelajaran bahasa
Arab ada tiga, yaitu: 1) problem kompetensi guru yang kurang
standar, 2) problem minat belajar siswa yang rendah, dan 3)
problem kurikulum yang kurang relevan dengan kebutuhan siswa
(Abdul Haris, 2001: 46). Ketiga problem ini berimplikasi pada
rendahnya kualitas siswa dalam menguasai bahasa Arab.
Pelatihan ini dihadiri oleh 30 guru bahasa Arab dari 24
lembaga pendidikan swasta yang ada di kota Malang. Pelatihan ini
dilakukan dengan menggunakan pendekatan experiental learning
yang melibatkan banyak metode yang praktis memberikan
pengalaman dan latihan langsung kepada khalayak sasaran.
Dari kegiatan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa
peserta sangat antusias mengikuti pelatihan dan memiliki
tambahan wawasan dan pengetahuan serta ketrampilan dalam
bercakap bahasa Arab dan cara mengajarkannya.
Kata Kunci: Peningkatan Ketrampilan Bercakap Bahasa Arab,
Metode Pembelajarannya untuk Guru Bahasa Arab.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.