Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan Guru Taman Kanak-Kanak (TK) Aisyiyah dalam Penanganan Dini Kasus Kedaruratan Medik di Sekolah di Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.22219/dedikasi.v5i0.865Abstract
Taman Kanak-kanak adalah suatu ’taman pendidikan’
yang menjembatani antara pendidikan keluarga dirumah dengan
pendidikan formal di sekolah. Data Dinas Kesehatan Jawa Barat
setiap tahun, 750.000 anak meninggal karena kecelakaan dan 400
juta anak mengalami luka berat. Tahun 1992 angka kematian anak
akibat kecelakaan, keracunan dan trauma di Indonesia tercatat
7,3% dan merupakan salah satu dari lima penyebab kematian anak
tertinggi. Kecelakaan dapat dicegah dan dapat diatasi jika guru
tahu apa yang harus dilakukan untuk mencegah dan memberikan
pertolongan pertama pada kecelakaan atau kegawatan medik.
Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah 1) Memberikan
pengetahuan tentang pengenalan dan penanganan secara dini
berbagai macam jenis kedaruratan medik pada anak TK, 2)
Memberikan pelatihan ketrampilan dalam penanganan secara dini
dan tepat pada kedaruratan medik pada anak TK.
Kegiatan pengabdian ini diperuntukkan untuk guru Taman
Kanak-Kanak (TK) Aisyiyah di Kota Malang dengan metode
seminar dan pelatihan. Materi seminar tentang kedaruratan bedah
dan medik, sedang pelatihan Pediatric Basic Life Support (PBLS)
dan keadaan khusus. Evaluasi yang diberikan pada peserta dengan
memberikan kuesioner tentang pelaksanaan kegiatan seminar
maupun pelatihan ketrampilan yang diberikan oleh narasumber
dan instruktur dan indikator program pengabdian ini adalah
peserta mengetahui berbagai macam kasus tentang kedaruratan
medik dan dapat menangani dengan benar kedaruratan medik pada
1 Staf Pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang
anak TK sebelum dibawa atau dirujuk ke tempat pelayanan yang
lebih lengkap
Hasil pengabdian menunjukkan bahwa dengan diadakan
seminar tentang kedaruratan medik dapat memberikan tambahan
pengetahuan tentang bagaimana mengenal dan menangani secara
dini berbagai macam jenis kedaruratan medik pada anak TK dan
dengan memberikan pelatihan secara langsung tentang
penanganan kedaruratan medik anak TK dapat memberikan
tambahan ketrampilan atau guru lebih trampil dalam menangani
sesuai dengan teori dan tidak memperberat kerusakan/kecelakaan
yang diderita oleh anak TK dan perlu dilakukan tindak lanjut
seminar dan pelatihan untuk materi yang lainnya seperti perilaku
hidup sehat, mengembangkan UKS, pengobatan sederhana,
makanan yang bergizi dan seimbang untuk anak pra-sekolah,
senam balita, pertumbuhan dan perkembangan anak serta
pencegahan dan pengobatan tentang beberapa penyakit, serta ada
kerjasama antara TK Aisyiyah dengan lembaga Pengabdian
Masyarakat Universitas Muhammadiyah Malang dalam
mengembangkan ketrampilan baik dibidang kesehatan maupun
bidang lainnya agar TK Aisyiyah lebih maju dan mampu bersaing
baik ditingkat regional maupun nasional
Kata Kunci: Pengetahuan dan Ketrampilan Guru TK,
Penanganan Kedaruratan Medik.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.