PELATIHAN KETRAMPILAN BERCAKAP BAHASA ARAB DAN METODE PEMBELAJARANNYA UNTUK GURU BAHASA ARAB SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH SE-KOTA MALANG

Authors

  • Abdul Haris

DOI:

https://doi.org/10.22219/dedikasi.v4i0.873

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan masih banyaknya guru
bahasa Arab di sekolah dasar Muhammadiyah kota Malang yang belum memiliki
kompetensi yang standar untuk mengajarkan bahasa Arab sehingga berdampak pada
rendahnya kualitas pembelajaran bahasa Arab di sekolah-sekolah dasar Muhammadiyah
kota Malang.
Kegiatan pengabdian dilakukan dalam bentuk pelatihan intensif dan ditujukan
untuk: 1) Memberikan bimbingan praktis bercakap dengan bahasa Arab kepada guru
bahasa Arab SD Muhammadiyah Malang. 2) Memberikan bimbingan praktis tehniktehnik
pembelajaran bercakap bahasa Arab kepada guru bahasa Arab SD Muhammadiyah
Malang.
Pelatihan dilakukan selama tiga hari dengan enam sessi yang diikuti oleh 20 orang
guru bahasa Arab sekolah dasar dan beberapa SLTP Muhammadiyah di kota Malang.
Dari pelatihan ini diperoleh hasil bahwa dari 20 guru bahasa Arab yang mengikuti
pelatihan, 75 % dari mereka mampu meningkatkan ketrampilan bercakapnya dengan
bahasa Arab sementara 5 % dari mereka belum mampu meningkatkan ketrampilan
bercakapnya dengan bahasa Arab. Oleh sebab itu masih dibutuhkan banyak pelatihan
guna meningkatkan kompetensi professional mereka sebagai guru bahasa Arab.

 

Kata Kunci: Bercakap Bahasa Arab, Metode Pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-06-01

Issue

Section

Articles