PENERAPAN ALAT PENILAIAN BERBASIS KOMPETENSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI SISWA SD MUHAMMADIYAH I MALANG
DOI:
https://doi.org/10.22219/dedikasi.v4i0.878Abstract
Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah membantu guru dalam melaksanakan
penilaian kompetensi belajar siswa. Hal ini didasarkan pada pentingnya kegiatan penilaian
kompetensi belajar siswa seiring dengan diberlakukannya Kurikulum Berbasis Kompetensi
(KBK). Untuk itu, kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pendampingan guru dalam
melaksanakan penilaian berbasis kompetensi, mulai dari sosialisasi, pelatihan penyusunan
alat penilaian, sampai dengan penerapan penilaian berbasis kompetensi untuk menilai
kompetensi belajar bahasa siswa.
Hasil kegiatan ini berupa peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian
kompetensi belajar bahasa siswa, format penilaian kompetensi berbahasa siswa, dan
hasil penilaian kompetensi belajar siswa. Dengan demikian, guru dapat melaksanakan
penilaian kompetensi berbahasa siswa secara lebih objektif dan autentik.
Kata kunci : penilaian, kompetensi, kurikulum, keterampilan berbahasa.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.