PENERAPAN SISTEM PEMASARAN TERPADU DAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA SENTRA INDUSTRI PENGOLAHAN BERBASIS KEDELAI

Authors

  • Sri Wahjuni Latifah

DOI:

https://doi.org/10.22219/dedikasi.v4i0.879

Abstract

Home industri kerajinan olahan berbasis kedelai Di Desa Beji Batu Jawa Timur
sangat potensial untuk dikembangkan. Terdapat kurang lebih 600 pengusaha di seluruh
Desa Beji. Kapasitas produksi tiap pengusaha berkisar 10 kg kedelai perhari, dengan
daerah pemasaran yang cukup luas, maka sebaiknya dikelola dengan manajemen yang
baik. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan pengusaha dalam bidang
pemasaran, membantu penyusunan Harga Pokok Penjualan dan laporan Laba Rugi.
Melalui penyuluhan dan pelatihan kepada pengurus Kelompok Pengrajin maka hasil
kegiatan ini dapat diketahui bahwa alternatif produk olahan berupa kripik tempe lebih
menguntungkan dari sisi keuangan.
Berkaitan dengan penerapan sistem informasi akuntansinya, kelompok pengrajin
sudah dapat dikatakan slap melaksanakan meskipun masih sederhana yaitu sebatas
Buku Kas Masuk dan Kas Keluar, serta Laporan Laba Rugi. Hal ini dapat dilihat dari
sumber daya manusia yang cukup dan seperangkat dokumen sebagai dasar penyusunan
informasi keuangan.

 

Kata Kunci: Pemasaran Terpadu, Sistem Akuntansi, Harga Pokok Penjualan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-06-01

Issue

Section

Articles