Penggunaan Media Plano Kalender Bekas untuk Meningkatkan Prestasi Peserta Didik pada Materi Pidato Persuasif di Kelas IX SMP
DOI:
https://doi.org/10.22219/jinop.v5i2.10020Keywords:
pidato persuasif, media plano, hasil belajarAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk (1)mengetahui sejauh mana penggunaan media pembelajaran Plano Kalender Bekas untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dan (2)mengetahui dampak penggunaan media pembelajaran Plano Kalender Bekas pada materi pidato persuasif di kelas IX SMPK Virgo Fidelis Maumere. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang merupakan penelitian kualitatif. Media plano kalender bekas merupakan media non-digital real-visual yang memanfaatkan barang bekas sebagai peantara dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IXC SMPK Virgo Fidelis dengan subjek penelitian 30 peserta didik. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah instrumen observasi dan tes hasil belajar. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media plano kalender bekas dapat secara signifikan meningkatkan partisipasi (aspek sikap) dan hasil belajar peserta didik. Sikap peserta didik pada siklus I menunjukkan 3 dari 5 kelompok mendapat kategori BAIK dan pada siklus II menunjukkan peningkatan yakni 5 kelompok mendapat kategori BAIK dan AMAT BAIK. Hasil belajar siklus I menunjukkan perentase daya serap mencapai 74,1% meningkat menjadi 80,5% pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 73% meningkat menjadi 90% pada siklus II.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with JINoP (Jurnal Inoasi Pembelajaran) agree to the following terms:
- For all articles published in the JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to the automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).