IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN REACT DAN TINJAUANNYA TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORATIF MAHASISWA

Authors

  • Marhan Taufik FKIP University of Muhammadiyah Malang
  • Siti Khoiruli Ummah FKIP University of Muhammadiyah Malang
  • Alfiani Athma Putri Rosyadi FKIP University of Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.10036

Keywords:

Model Pembelajaran REACT, Kemampuan Kolaboratif, Pendidikan Matematika.

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran untuk mata kuliah pendidikan matematika yang meliputi teori belajar, perkembangan peserta didik, profesi keguruan. Selama dua tahun berturut-turut pembelajaran dilakukan dengan metode ceramah, diskusi kelompok dan penugasan berupa pengerjaan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM). Metode ini mengakibatkan mahasiswa jarang melakukan kerja sama untuk mengingat serta memaknai dan mengimplementasikan materi melalui kegiatan microteaching. Inovasi model pembelajaran diperlukan agar mahasiswa mampu berkolaborasi untuk menyelesaikan permasalahan serta mengimplementasikan materi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan hasil implementasi model pembelajaran REACT dan tinjauannya terhadap kemampuan kolaboratif mahasiswa melalui kegiatan observasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif yaitu dengan data kualitatif berupa hasil implementasi model pembelajaran yang dilaksanakan sebanyak 8 kali pertemuan pada kelas Strategi Pembelajaran Matematika untuk mahasiswa Semester Kedua di Universitas Muhammadiyah Malang serta adanya peningkatan kemampuan kolaboratif mahasiswa. Kemampuan kolaboratif terlihat dari pengerjaan LKM secara berkelompok dan kerja sama dalam pembuatan desain pembelajaran matematika. Kolaborasi juga dapat terlihat dari kontribusi ide penyelesaian masalah, saran, gagasan, serta pertanyaan yang bersifat konfirmasi. Selain itu, simulasi desain pembelajaran juga merupakan bentuk kolaborasi anggota tim. Kemampuan kolaboratif terlihat paling jelas ketika tahap Experiencing, Cooperating, dan Transfering. Tahap experiencing menunjukkan mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang didasarkan pada pengalaman pribadi. Tahap cooperating menunjukkan mahasiswa berdiskusi aktif menyelesaikan LKM secara berkelompok. Tahap transferring menunjukkan mahasiswa bekerja sama membuat desain pembelajaran serta mensimulasikan. Dengan demikian, melalui implementasi model pembelajaran REACT, mahasiswa mampu meningkatkan kemampuan kolaboratif.

 

Kata-Kunci:  Model Pembelajaran REACT; Kemampuan Kolaboratif; Pendidikan Matematika.

 

ABSTRACT

Learning on mathematics courses education that includes learning theory, students’ development, and the teaching profession, was performed for two years in a row by using the method of lectures, group discussions, and assignments in the form of a worksheet. The methods caused the students rarely to do work together to memorize, interpret, and implement the material through the activities of microteaching. The innovation learning model was necessary so that students could collaborate to solve problems and implement the material. This research aimed to describe the results of the implementation of the REACT learning model and its review on the students’ ability to collaborate through the activities of observation. The research method employed descriptive with qualitative data in the form of the results of the implementation of the learning model implemented on 8 meetings on the class of Strategies of Learning Mathematics for the students of the Second Semester in Universitas Muhammadiyah Malang as well as an increase in the ability of collaborative students. The students’ collaborative learning can also be seen from the students’ contribution to problem solving, suggestions, ideas, and questions in the form of confirmation. The design and simulation of the learning design were in the form of collaboration from team members. Students’ ability to collaborative learning was clear on the stage of Experiencing, Cooperating, and Transferring. The stage of experiencing showed that students were able to answer questions based on personal experience, the stage of cooperating showed that students actively conducted discussion to complete the worksheet in groups, and the stage of transferring showed that students were working together to make learning design and its simulation. Thus, through the implementation of the REACT learning model, students could improve the ability of collaborative learning.

 

Keyword: REACT Learning Model; Collaborative Ability; Mathematics Education

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Marhan Taufik, FKIP University of Muhammadiyah Malang

Department of Mathematics Education

Siti Khoiruli Ummah, FKIP University of Muhammadiyah Malang

Department of Mathematics Education

Alfiani Athma Putri Rosyadi, FKIP University of Muhammadiyah Malang

Department of Mathematics Education

References

Mahmudi, A. (2006). Pembelajaran Kolaboratif. Seminar Nasional MIPA 2006.

Anantyarta, P., & Sari, R. L. I. (2017). Keterampilan Kolaboratif dan Metakognitif melalui Multimedia berbasis Means Ends Analysis. Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 33–43.

Asik, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Melalui Pendekatan Kolaboratif. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.21009/bahtera.142.06

Department of Agricultural Sciences Education and Communication. (2014). Contextual Teaching and Learning: What is it?

Direktorat Pembinaan SMA. (2018). Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018.

https://youtu.be/aGpp-QRLtvg

Jenkins, H. (2009). Confronting the Challenges of Participatory Culture : Media Education for the 21 Century. Program. https://doi.org/10.1108/eb046280

Mukminan. (2014). Tantangan Pendidikan di Abad 21. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan.

Nafiah, Y. N., Suyanto, W., Yogyakarta, U. N., Wasonowati, R. R. T., Redjeki, T., Ariani, S. R. D., … Pembelajaran, D. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Hukum-Hukum Dasar Kimia Ditinjau dari Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540.

Nawas, Abu. (2018). Contextual Teaching and Learning (CTL) Approach through REACT Strategies on Improving the Students ’ Critical Thinking in Writing. International Journal of Applied Management Science.

Ningrum, P. (2016). Meningkatkan Keaktifan Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Masalah Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan (KSP) Siswa Kelas XI Sma Negeri 10 Semarang. Jurnal Pendidikan Sains (JPS). https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.17-28

Prayitno, B. A., & Sugiharto, B. (2013). Prototipe Model Pembelajaran Konstruktivis-Kolaboratif Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Siswa Akademik Bawah. In A. Saputra (Ed.), Proceeding Biology Education Conference (pp. 1–11). Surakarta: UNS. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/6356/5740

Prihandhika, A. (2017). Perbedaan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Model Pembelajaran React Dengan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Siswa SMKN 39 Jakarta, 1(1), 1–9.

Sari Herlina, Turmudi, J. A. D. (2012). Efektivitas Strategi REACT Dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1), 1–7.

Satya, V. E. (2018). Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0. Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0.

Wang, A. I., Øfsdahl, T., & Mørch-storstein, O. K. (2009a). Collaborative Learning Through Games – Characteristics , Model , and Taxonomy.

Wang, A. I., Øfsdahl, T., & Mørch-storstein, O. K. (2009b). Collaborative Learning Through Games – Characteristics , Model , and Taxonomy. Challenges.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Globalisasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016.

Downloads

Published

05/20/2020

How to Cite

Taufik, M., Ummah, S. K., & Putri Rosyadi, A. A. (2020). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN REACT DAN TINJAUANNYA TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORATIF MAHASISWA. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 1–11. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.10036

Issue

Section

Articles