MEMBANGUN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PRAKTEK POLA ASUH ORANG TUA BERDASARKAN GENETIC PERSONALITY

Authors

  • Karnawi Kamar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan
  • Masduki Asbari Universitas Pelita Harapan
  • Agus Purwanto Universitas Pelita Harapan
  • Wakhida Nurhayati Aya Sophia Islamic School
  • Eva Agistiawati STMIK Insan Pembangunan
  • Rachma Nadhila Sudiyono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.10196

Keywords:

parenting style, pengembangan karakter anak, personality genetic, pola asuh.

Abstract

Pendidikan karakter penting untuk menjadi mainstream pokok pendidikan di Indonesia baik di ranah formal, nonformal maupun informal. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pengembangan karakter anak, di antaranya adalah pola asuh di keluarga (parenting style) dan genetic personality. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parenting style dan genetic personality terhadap pengembangan karakter anak. Jenis penelitian adalah korelasional menggunakan metode survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi sekaligus sample penelitian ini adalah orang tua siswa Taman Kanak-kanak di Tangerang sebanyak 90 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) yang disusun berdasarkan skala Likert. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pola asuh parenting style merupakan hasil modifikasi dari Parenting Style Questionnaire (PSQ) (Robinson et al., 1995) dan (Roman et al., 2015). Instrumen untuk mengukur genetic personality diadaptasi dari (Poniman & Mangussara, 2013), sedangkan untuk mengukur pengembangan karakter anak menggunakan adaptasi dari (Poniman, 2014). Analisis pada penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Model) dengan software SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa parenting style dan genetic personality berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan karakter anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Karnawi Kamar, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan

Pascasarjana

Wakhida Nurhayati, Aya Sophia Islamic School

Aya Sophia Islamic School

References

Abidin, A. R. (2011). Analisis Gender pada Gaya Pengasuhan, Proses Pembelajaran di Kelas, Perilaku Sosial dan Prestasi Belajar Siswa SMA di Kota Bogor. IPB.

Afifah, A. (2019). Selama 2018, KPAI Terima Pengaduan 4.885 Kasus Anak. http://www.dakta.com/news/17920/selama-2018-kpai-terima-pengaduan-4885-kasus-anak

Aziz, A. H. (2012). Pendidikan Karakter Berpusat pada Hati. Al Mawardi Prima.

BKKBN. (n.d.). Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 1994.

Carey, G., & DiLalla, D. L. (1994). Personality and Psychopathology: Genetic Perspectives. Journal of Abnormal Psychology, 103(1), 32–43. https://doi.org/10.1037/0021-843X.103.1.32

Efobi, A., & Nwokolo, C. (2014). Relationship between Parenting Styles and Tendency to Bullying Behaviour among Adolescents. Journal of Education & Human Development, 3(1), 507–521. www.aripd.org/jehd

Ferguson, C. J. (2010). Genetic contributions to antisocial personality and behavior: A meta-analytic review from an evolutionary perspective. Journal of Social Psychology, 150(2), 160–180. https://doi.org/10.1080/00224540903366503

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS) (4th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasnain, N., Faraz, B., & Adlakha, P. (2013). Self-Esteem And Happiness Of Children And Mothers Of Different Parental Authority. The International Journal Of Humanities & Social Studies, 1(3), 1–6. http://internationaljournalcorner.com/index.php/theijhss/article/view/128036/88710

Huver, R. M. E., Otten, R., de Vries, H., & Engels, R. C. M. E. (2010). Personality and parenting style in parents of adolescents. Journal of Adolescence, 33(3), 395–402. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2009.07.012

Johari Talib, Zulkifli Mohamad, & Maharam Mamat. (2011). Effects of Parenting Style on Children Development. World Journal of Social Sciences, 1(2), 14–35. http://www.wjsspapers.com/static/documents/May/2011/2. Johari.pdf

Jönsson, E. G., Von Gertten, C., Gustavsson, J. P., Yuan, Q. P., Lindblad-Toh, K., Forslund, K., Rylander, G., Mattila-Evenden, M., Åsberg, M., & Schalling, M. (2001). Androgen receptor trinucleotide repeat polymorphism and personality traits. Psychiatric Genetics, 11(1), 19–23. https://doi.org/10.1097/00041444-200103000-00004

Misbach, I. H. (2010). Dahsyatnya Sidik Jari Menguak Bakat dan Potensi untuk Merancang Masa Depan Melalui Fingerprint Analysis. Visi Media.

Murakami, K. (2012). The Miracle of DNA. Mizan Media Utama.

Murakami, K. (2013). Misteri DNA. Gramedia.

Musrofi. (2011). Potensi Preneur. Talents Center.

Nooraini Othman, & Salasiah Khairollah. (2013). Explorasi Hubungan Antara Personaliti Islamik Dan Gaya Keibubapaan. International Journal of Islamic Thought, 4(Rohana 2010), 48–57.

Nyarko, K. (2011). The influence of authoritative parenting style on adolescents’ academic achievement. American Journal of Social and Management Sciences, 2(3), 278–282. https://doi.org/10.5251/ajsms.2011.2.3.278.282

Oktafiany, N. D. (2013). Correlation of Parenting Method to the Sudents Emotional Quotients of Diponegoro 1 Jakarta Junior High School. Jurnal UNJ Online, 1(2).

Poniman. (2014). Kubik Leadership Solusi Esensial Meraih Sukses dan Hidup Mulia. Kompas Gramedia.

Poniman, F., & Mangussara, R. A. (2012). Konsep Palugada STIFIn. STIFIn Institute.

Poniman, F., & Mangussara, R. A. (2013). STIFIn Personality. STIFIn Institute.

Pratiwi, S. (2015). Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah Etnis Cina Ditinjau dari Gaya Pengasuhan Orang Tua. Proceeding Seminar Nasional Positive Psychology 2015.

Puspitawati, H., & Sarma, M. (2012). Sinergisme Keluarga dan Sekolah. IPB Press.

Robinson, C. C., Mandleco, B., Olsen, S. F., & Hart, C. H. (1995). Parenting Practices: Development of a New Measure. Psychological Reports, 77, 819–830.

Roman, N. V., Davids, E. L., Moyo, A., Schilder, L., Lacante, M., & Lens, W. (2015). Parenting styles and psychological needs influences on adolescent life goals and aspirations in a South African setting. Journal of Psychology in Africa, 25(4), 305–312. https://doi.org/10.1080/14330237.2015.1078087

Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya.

Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan. Kencana Prenada.

Setiawan, D. (2018). KPAI Catat Anak Dimanfaatkan Jadi Kurir Narkoba. https://www.kpai.go.id/berita/kpai-catat-anak-dimanfaatkan-jadi-kurir-narkoba

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta.

Utomo, D. (2014). Intensi Perilaku Prososial Anak Ditinjau dari Gaya Pengasuhan. Jurnal Online Psikologi, 2(1). http://ejournal.umm.ac.id/index.php/cognicia/article/view/1817/1917

Downloads

Published

05/30/2020

How to Cite

Kamar, K., Asbari, M., Purwanto, A., Nurhayati, W., Agistiawati, E., & Sudiyono, R. N. (2020). MEMBANGUN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PRAKTEK POLA ASUH ORANG TUA BERDASARKAN GENETIC PERSONALITY. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 75–86. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.10196

Issue

Section

Articles