PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL BENGKEL SASTRA MELALUI MEDIA KOTAK GAMBAR AJAIB

Authors

  • Vera Krisnawati Jenderal Soedirman University
  • Nila Mega Marahayu

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.10470

Keywords:

Literary Workshop Model, Writing Poetry, Magic Picture Box Media.

Abstract

ABSTRAK

Salah satu faktor yang mengakibatkan keterampilan menulis siswa menurun adalah kejenuhan pada saat menulis. Salah satu pembelajaran menulis yang harus dikuasai peserta didik adalah menulis puisi. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis puisi menggunakan model bengkel sastra melalui media kotak gambar ajaib dan (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi menggunakan model bengkel sastra melalui media kotak gambar ajaib. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Purwokerto. Pelaksanaan siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan ketuntasan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan, yaitu ≥70. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kualitas proses selama dua siklus dilihat dari aspek keaktifan, perhatian, dan keterlaksanaan peserta didik.  Aspek keaktifan peserta didik ditinjau saat bertanya kepada guru dan peserta didik lain, terlibat dalam pemecahan masalah, melaksanakan tugas belajar, dan melaksanakan diskusi kelompok sesuai dengan petunjuk dalam proses pembelajaran sudah baik. Perhatian peserta didik dilihat ditinjau saat peserta didik memperhatikan penjelasan yang disampaikan guru. Kemudian, keterlaksanaan peserta didik ditinjau saat dalam memahami dan mengikuti petunjuk yang diberikan guru, turut serta melakukan kegiatan belajar, tugas-tugas dapat diselesaikan, memanfaatkan semua sumber belajar, dan menguasai tujuan-tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan guru. keaktifan peserta didik sebesar 65% dan 78%, perhatian peserta didik sebesar 68% dan 80%, dan keterlaksanaan peserta didik sebesar 69% dan 81%. Peningkatan kemampuan menulis puisi peserta didik dapat dibuktikkan dari nilai rata-rata siklus I sebesar 69,81 dan siklus II sebesar 79,59. Dengan demikian, penerapan model bengkel sastra dapat meningkatkan kualitas proses dan kemampuan menulis puisi peserta didik kelas VII A SMP Negeri 4 Purwokerto.

Kata Kunci: Model Bengkel Sastra; Puisi; Media Kotak Gambar Ajaib.


ABSTRACT

This research aimed to (1) described the improvement of the quality of the learning process of writing poetry using literary workshop models through the magic picture box media and (2) described the improvement of the ability to write poetry using literary workshop models through the magic picture box media. This class action research was conducted at SMP Negeri 4 Purwokerto. The implementation cycle consisted of action planning, action implementation, observation, analysis, and reflection. This research was conducted in two cycles with completeness in accordance with predetermined criteria, scored ≥70. The results of this research indicate an increase in the quality of the process for two cycles seen from the aspects of activeness, attention, and implementation of students. The activeness aspects of students were reviewed on the good process of asking teachers and other students, engaging in problem-solving, carrying out learning tasks, and carrying out group discussions in accordance with the instructions in the learning process. The attention of students was seen on students pay attention to the explanation given by the teacher. Then, the performance of students was reviewed when understanding and following the instructions given by the teacher, participating in learning activities, task completion, utilizing all learning resources, and mastering the learning goals set by the teacher. student activeness by 65% to 78%, attention of students by 68% to 80%, and student performance by 69% to 81%. The improvement of students' poetry writing abilities can be proven from the average score of the first cycle of 69.81 to the second cycle of 79.59. Thus, the application of the literature workshop model can improve the quality of the process and the ability to write poetry for grade VII A students of SMP Negeri 4 Purwokerto.

 

Keywords: Literary Workshop Model; Writing Poetry; Magic Picture Box Media.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Vera Krisnawati, Jenderal Soedirman University

Nama                                       : Vera Krisnawati, S.S., M.Pd.

Jenis Kelamin                          : Perempuan

Tempat, Tanggal Lahir            : Klaten, 14 April 1988

Surel                                        : verakrisnawati14@gmail.com

No. HP                                    : 081226368424

Alamat                                    : Jl. Sultan Agung No. 5 RT 03 RW 10 Karang Klesem, Purwokerto Selatan

Alamat kantor                         : Jl. Dr. Soeparno Karangwangkal Purwokerto

Instansi                                    : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman

References

Abidin, Y. (2010). Penerapan Model Bengkel Sastra sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Sastra. Jurnal Metasastra, 3(1), 74--81. Retrieved from http://ejurnalbalaibahasa.id/index.php/metasastra/article/view/610

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo.

Azmussya’ni, & Wangid, M. N. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Pendekatan Proses dengan Media Gambar di SDN 3 Sakra. Prima Edukasia, 2(1), 1–13.

Dahliana, D., Taufina, Nasrul, S., & Sukandar, W. (2019). Pengaruh Teknik Mind Mapping Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. JUrnal Inovasi Pembelajaran, 5(1), 17--27. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop/article/view/6934

Kurniawati, D., Syam, C., & Martono. (2014). Penerapan Model Bengkel Sastra dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas VII A. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(10). Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6785/7482

Mulyasa. (2011). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munadi, Y. (2010). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada.

Permana, D., & Indihadi, D. (2018). Penggunaan Media Gambar terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 193–205.

Rohayati, E., & Abidin, Y. (2010). Penerapan Model Bengkel Sastra untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Menulis dan Mengapresiasi Sastra. Jurnal Pendidikan Dasar Edu Humaniora, 2(2), 1–10.

Rohayati, E., & Kurniawati. (2014). Optimalisasi Penggunaan Model Bengkel Sastra untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa PGSD Menulis dan Memusikalisasi Puisi. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 82--94. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/4573

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suwandi, S. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: Yuma Pustaka.

Syamsi, K. (2012). Model Perangkat Pembelajaran Menulis Berdasarkan Pendekatan Proses Genre Bagi Siswa SMP. Jurnal Litera, 11(2), 288--297. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/1070/942

Uno, H. B. U., & Koni, S. (2012). Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Waluyo, H. J. (2010). Pengkajian dan Apresiasi Puisi. Surakarta: Widya Sari.

Downloads

Published

05/20/2020

How to Cite

Krisnawati, V., & Marahayu, N. M. (2020). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL BENGKEL SASTRA MELALUI MEDIA KOTAK GAMBAR AJAIB. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 12–27. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.10470

Issue

Section

Articles