Efektifitas pembelajaran sejarah kebudayaan Islam melalui google classroom ditinjau dari hasil belajar siswa

Authors

  • Ossi Marga Ramadhan Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, UIN Sunan Gunung Djati, Jl. A.H Nasution No. 105A, Bandung, Indonesia
  • Tarsono Tarsono Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, UIN Sunan Gunung Djati, Jl. A.H Nasution No. 105A, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12927

Keywords:

Model Pembelajaran, Efektifitas Pembelajaran, Google Classroom, Sejarah Kebudayaan Islam, Hasil Belajar.

Abstract

Imbas Covid-19 dalam dunia pendidikan memaksa pendidik untuk berinovasi dalam mengembangkan dan mengalihkan proses pembelajaran konvensional ke pembelajaran jarak jauh. Salah satu platform pembelajaran jarak jauh adalah google classroom. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan keefektifan pembelajaran daring melalui google classroom yang ditinjau dari hasil belajar siswa. Penelitian ini berjenis quasi experiment yang dirancang memakai one group pretest-postest design. Sampel penelitian ini menggunakan seluruh siswa di kelas 11 yang berjumlah 31 orang pada salah satu sekolah di Kabupaten Purwakarta, kemudian data diolah dengan uji paired sample t test serta N-Gain. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pembelajaran jarak jauh menggunakan google classroom apabila ditinjau dari hasil belajar siswa mencapai persentase 58.3% (cukup efektif menurut tafsiran N-Gain). Hal ini berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran dibandingkan sebelum menggunakan google classroom mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 22.6%. Namun, di sisi lain ditemukan beberapa kelemahan dalam pembelajaran tersebut seperti penguasaan fitur, siswa tidak memiliki paket data, serta jangkauan sinyal yang tidak merata. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Google classroom cukup efektif dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam ditinjau dari hasil belajar siswa.

Kata kunci: google classroom, hasil belajar, sejarah kebudayaan Islam.

 

ABSTRACT

The impact of current covid-19 has succeeded in changing various educational aspects, thus forcing educators to develop and diverting conventional learning processes into distance learning. One of the distance learning platforms is google classroom. During the Covid-19 pandemic, this application became of its own urgency because of the many features presented to support learning. This research employed a quasi-type experiment design by using a one-group pretest-postest design, which aims to determine the google classroom's effectiveness on Islamic Cultural History learning from the perspective of student learning outcomes. This research employed all students in grade 11 with a total of 31 people at one of the Madrasah Aliyah in Purwakarta Regency. The data were processed by using the paired-sample t-test and N-Gain. The results of the research illustrate that distance learning by using google classroom when viewed from student learning outcomes, reaches a percentage of 58.3% (quite effective according to the interpretation of N-Gain). The result related to the implementation of learning compared to before using Google Classroom showed an increase in average learning outcomes of 22.6%. However, several weaknesses were found in the learning process, such as mastery of features, students not having data packages, and uneven signal coverage. The conclusion of this research showed that the use of Google classroom is quite effective in learning the history of Islamic culture in terms of student learning outcomes.

 

Keywords: google classroom, history of Islamic culture, learning outcomes

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Google Classroom Pada Mata Pelajaran Matematika Di Madrasah Aliyah Darul Falah Batu Jangkih. El-Hikam, 13(1), 66–82. Ali, L. U., & Zaini, M. (2020). Pemanfaatan Program Aplikasi Google Classroom Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Perkuliahan Dasar-Dasar Kependidikan. SOCIETY, 11(1), 27–34. Aris, N., Erawaty, N., Massalesse, J., Sirajang, N., Wahda, W., Kasbawati, K., … Jaya, A. K. (2019). Peningkatan kualitas pembelajaran matematika bagi guru sma melalui media google classroom dan geogebra. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat), 3(2), 196–200. Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muhlas, M. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–12. Delfisanur, D., Sari, D. Y., Hasanuddin, H., & Ambiyar, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Youtube Terhadap Aktifitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Mesin Konversi Energi Di Smk Negeri 1 Koto Xi Tarusan. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(1), 53–59. Euis Sofi. (2016). Pembelajaran Berbasis e-learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan, 1(1), 49–64. Fauziyah, N. (2013). Faktor Penyebab Kejenuhan Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada Siswa Kelas XI Jurusan Keagamaan di MAN Tempel Sleman. Jurnal Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga, 14(1), 99–108. Fitria, D., & Andriesgo, J. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Berbasis Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2). Fuady, A. (2016). Berfikir reflektif dalam pembelajaran matematika. JIPMat, 1(2). Gunawan, G., Suranti, N. M. Y., & Fathoroni, F. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61–70. Hidayatusholikah, O. (2018). Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa di MIN 1 Tulungagung. Ichsan, I. Z., Rahmayanti, H., Purwanto, A., Sigit, D. V., Kurniawan, E., Dewi, A. K., … Marhento, G. (2020). Covid-19 dan E-Learning: Perubahan Strategi Pembelajaran Sains dan Lingkungan di SMP. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 50–61. https://doi.org/10.22219/JINOP.V6I1.11791 Komputer, W. (2004). Pengolahan data statistik dengan SPSS 12. Andi Ofset, Yogyakarta. Kusuma, A. B., & Astuti, W. (2020). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Google Classroom. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 67–89. Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1). Maskar, S., & Wulantina, E. (2019). Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom. INOMATIKA, 1(2), 110–121. Mittelmeier, J., Rienties, B., Rogaten, J., Gunter, A., & Raghuram, P. (2019). Internationalisation at a Distance and at Home: Academic and social adjustment in a South African distance learning context. International Journal of Intercultural Relations, 72, 1–12. Nisa, D. N., & Lisnawati, S. (2020). Pengaruh Metode Somatic Auditory Visual Intellectual (Savi) Terhadap Hasil Belajar SKI. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 73–82. Rachman, H. F., Sudiana, I. K., & Wijaya, M. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Bola Basket. JURNAL PENJAKORA, 7(1), 57–68. Rahmawati, I. (2016). Pelatihan Dan Pengembangan Pendidikan Jarak Jauh Berbasis Digital Class Platform Edmodo. In Universitas Terbuka Convention Center. Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2). Song, W. W., Forsman, A., & Yan, J. (2015). An e-Curriculum Based Systematic Resource Integration Approach to Web-Based Education. International Journal of Information and Education Technology, 5(7), 495. Suryani, R. S., & Nugroho, G. (2020). Meningkatkan pemahaman konsep sejarah agama Islam melalui strategi Indexii Card Match di kelas xii MA Syifa’ul Qulub. Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia, 1(1), 28–47. Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 210–215. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732 Tambunan, E., & Bukit, N. (2015). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatiftipe Group Investigation Dan Pemahaman Konsep Awal Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sma Negeri 1 Teluk Mengkudu. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 49–56. https://doi.org/10.22611/jpf.v4i1.2568 Tarsono, T. (2010). Implikasi Teori Belajar Sosial (Social Learning Theory) Dari Albert Bandura Dalam Bimbingan Dan Konseling. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 29–36. Toyib, M. (2012). Penggunaan Podcast Dalam (STAD) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Pada Mata Kuliah Listeningi Prodi Tadris Inggris Jurusan Tarbiyah Stain Ponorogo. Kodifikasia: Jurnal Penelitian Islam, 6(1), 1–21. Yensy, N. A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 65–74.

Downloads

Published

11/20/2020

How to Cite

Ramadhan, O. M., & Tarsono, T. (2020). Efektifitas pembelajaran sejarah kebudayaan Islam melalui google classroom ditinjau dari hasil belajar siswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 204–214. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12927