Integrasi Polysynchronous Learning dengan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif

Authors

  • Fendy Hardian Permana Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang, Jl Raya Tlogomas No 246, Kota Malang, Indonesia.
  • Dwi Setyawan Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang, Jl Raya Tlogomas No 246, Kota Malang, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v8i2.15065

Keywords:

polysynchronous learning, problem based learning, metakognitif

Abstract

Aspek pendidikan mengalami perubahan dan penyesuaian terhadap penyelenggaraan proses pembelajaran sebagai akibat dari adanya pandemi covid-19. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kegiatan pembelajaran blended learning menunjukkan adanya beberapa kendala : 1) kegiatan pembelajaran blended learning yang dilaksanakan tidak student center, 2) proses pembelajaran dirasa monoton, 3) kompetensi mahasiswa terutama pada kemampuna keterampilan berpikir kritis dan metakognitif tidak terasah dengan baik. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakukan penelitian integrasi polysynchronous learning dengan problem based learning untuk mengukur keterampilan metakognitif mahasiswa. Jenis penelitian ini merupakan Quasy Eksperimen dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, sedangkan desain penelitian yang digunakan yakni non-equivalent pre-test post-test control group desain. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pembelajaran polysynchronous learning dengan problem based learning dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan metakognitif mahasiswa dengan sangat baik pada MK Zoologi dan MK Anfiswanman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifi, R., Hindriana, A., & Soetisna, U. (2016). Implementasi Project Based Learning Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Dan Kesadaran Metakognitif Mahasiswa Calon Guru Biologi (Project Based Learning Methode Based Practice Implementation to Prospective Biology Teachers Metacognitive Skills and Met. Bioedusiana, 4(2), 29–45. https://doi.org/10.34289/277900

Aswadi, R., Fadiawati, N., & Abdurrahman. (2016). Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, (1), 43–54. Retrieved from https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/5458/313

Amrulloh, A., & Ardhi, M. W. (2017). Identifikasi kemampuan metakognisi pada mata kuliah biologi sel mahasiswa program studi pendidikan biologi. Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS II, 104–113. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/simbiosis/article/view/325

Ardila, C., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2013). Hubungan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar Biologi dan retensi siswa kelas X dengan penerapan strategi pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) di SMAN 9 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1–9. http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikelEE88BC4B01504CB71615F1D280FAF7AE.pdf

Arend, B. (2009). Encouraging critical thinking in online threaded discussions. The Journal of Education Online, 6(1): 1-23. https://www.thejeo.com/

Corebima, A. D. (2016). Pembelajaran biologi di Indonesia bukan untuk hidup. Seminar Nasional XIII Biologi, Sains, Lingkungan, Dan Pembelajarannya Di Pendidikan Biologi FKIP UNS, 13(1), 8–22. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/viewFile/5640/5008

Cucinotta, D., & Vanelli, M. (2020). WHO declares COVID-19 a pandemic. Acta Bio- Medica : Atenei Parmensis, 91(1), 157–160. https://doi.org/10.23750/abm.v91i1.9397

Iskandar, S. M. (2014). Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Sains Di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(2), 13–20. https://doi.org/10.18551/erudio.2-2.3

Kalaga, A. J., & Setiawan, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa Kelasvii Smp Negeri 4 Lamboya. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 2(02), 1–6. https://doi.org/10.33503/ebio.v2i02.124

Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2019). Metacognitive Skills in Mathematics Problem Solving. Jurnal Daya Matematis, 6(3), 286. https://doi.org/10.26858/jds.v6i3.8537

Lloyd-Sherlock, P. G., Kalache, A., McKee, M., Derbyshire, J., Geffen, L., Casas, F. G.- O., & Gutierrez, L. M. (2020). WHO must prioritise the needs of older people in its response to the covid-19 pandemic. BMJ (Clinical Research Ed.), 368(m1164), 1. https://doi.org/10.1136/bmj.m1164

Mahase, E. (2020). Covid-19: WHO declares pandemic because of “alarming levels” of spread, severity, and inaction. BMJ (Clinical Research Ed.), 368(m1036), 1. https://doi.org/10.1136/bmj.m1036

Mbipom, B., Craw, S., & Massie, S. (2018). Improving e-learning recommendation by using background knowledge. Expert Systems, November 2017, e12265. https://doi.org/10.1111/exsy.12265

Mhouti, A. El, Nasseh, A., Erradi, M., & Vasquèz, J. M. (2017). Enhancing collaborative learning in Web 2.0-based e-learning systems: A design framework for building collaborative e-learning contents. Education and Information Technologies, 22(5), 2351–2364. https://doi.org/10.1007/s10639-016-9545-2

Mas’ud, M., Ahmad, A., & Arsyad, N. (2018). The Development of Metacognitive Skills-Based Teaching Materials. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(4), 731. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i4.8215

Mirabolghasemi, M., Choshaly, S. H., & Iahad, N. A. (2019). Using the HOT-fit model to predict the determinants of E-learning readiness in higher education: a developing Country’s perspective. Education and Information Technologies, 24(6), 3555– 3576. https://doi.org/10.1007/s10639-019-09945-9

Muna, K., Sanjaya, R. E., Syahmani, & Bakti, I. (2017). Metacognitive skills and students’ motivation toward chemical equilibrium problem solving ability: A correlational study on students of XI IPA SMAN 2 Banjarmasin. AIP Conference Proceedings, 1911. https://doi.org/10.1063/1.5016001

Nugraini, S. H., Choo, K. A., Hin, H. S., & Hoon, T. S. (2013). Impact of e-av biology website for learning about renewable energy. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 12(2), 376–386. http://www.tojet.net/

Permana, F.H., & Setyawan, D. (2022). Pengaruh polysynchronous learning berbasis problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar praktikum. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2854

Permana, F.H., Hi.Padu, H., & Susetyarini, R.E. (2022). The effect of problem-based learning integrated individual rotation route on islamic character and critical thinking ability. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 15(2), 255-262. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.26219

Perdih, M. R. M. (2016). Developing guidelines for evaluating the adaptation of accessible web-based learning materials. International Review of Research in Open and Distance Learning, 17(4), 166–181. https://doi.org/10.19173/irrodl.v17i4.2463

Pavlidis, P. (2011). Critical thinking as dialectics: a hegelian-marxist approach. Journal forCritical Education Policy Studies, 8(2): 74-102. http://www.jceps.com/archives/644

Fitri, N., Mawardi, M., & Kurniawan, R. A. (2017). Korelasi Antara Keterampilan Metakognisi Dengan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X Mia Sma Negeri 7 Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 5(1), 81–92. https://doi.org/10.29406/arz.v5i1.655

Siregar, I. Y., Susilo, H., & Suwono, H. (2017). The Effect of Think-Pair-Share-Write Based on Hybrid Learning on Metakognitive Skills, Creative Thinking and Cognitive Learning at SMA Negeri 3 Malang. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(2), 183. https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i2.4217.

Sohrabi, C., Alsafi, Z., Neill, N. O., Khan, M., Kerwan, A., Al-jabir, A., … Agha, R. (2020). World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19). International Journal of Surgery, 76, 71–76. https://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034

Wahdah, N. F., Jufri, A. W., & Lalu, Z. (2016). Jurnal belajar sebagai sarana pengembangan kemampuan metakognisi siswa. Jurnal Pijar MIPA, XI(1), 70–74. https://doi.org/10.14800/ics.95

Wicaksono, C. A. G. (2014). Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi dengan Strategi Reciprocal Teaching. Jurnal Pendidikan Sains, 2(2), 85–92. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jps/

Watkins, J. (2020). Preventing a covid-19 pandemic. The BMJ, 368(February), 1–2. https://doi.org/10.1136/bmj.m810

Yuwono, C. S. M. (2014). Peningkatan Keterampilan Metakognisi Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw-Modifikasi. Jurnal Santiaji Pendidikan, 4(1), 1–21. Retrieved from http://jurnal.unmas.ac.id/index.php/JSP/article/view/51

Zulfiani, Z., Herlanti, Y., Rosydatun, E. S., Hasiani, S., Rohmatulloh, G., & Zuqistya, N. (2018). Developing metacognitive skill instrument on fungus concept. EDUSAINS, 10(2), 243–253. https://doi.org/10.15408/es.v10i2.7919

Downloads

Published

11/29/2022

How to Cite

Permana, F. H., & Setyawan, D. (2022). Integrasi Polysynchronous Learning dengan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 8(2), 244–255. https://doi.org/10.22219/jinop.v8i2.15065