Kemampuan Menentukan Arah Mata Angin Pada Siswa Kelas I SD Muhammadiyah 4 Batu
DOI:
https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2446Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendiskripsikan penerapan permainan Treasure Hunt dalam meningkatkan kemampuan menentukan arah mata angin Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas 1 SD Muhammadiyah 4 Batu. Sumber data primer berasal dari siswa melalui tes unjuk kerja dengan cara menghadap arah mata angin sesuai instruksi. Sedangkan sumber data sekunder adalah data nilai karakter siswa pada saat pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif, yaitu membandingkan data kuantitatif dari kondisi awal, siklus I dan siklus II. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran di kelas, dengan menggunakan media kompas dan metode bermain Treasure Hunt terjadi peningkatan hasil evaluasi belajar baik secara individu maupun klasikal. Hal ini terjadi karena siswa diajak bermain sambil belajar, sehingga mereka mempunyai pengalaman yang menyenangkan dan mengasyikkan meskipun ada tugas yang harus dikerjakan. Jadi kemampuan menentukan arah mata angin pada siswa kelas 1 SD Muhammadiyah 4 Batu dapat ditingkatkan melalui penerapan permainan Treasure Hunt. Dan penerapan permainan Treasure Hunt dapat meningkatkan kemampuan siswa menentukan arah mata angin sebesar 18,8% yaitu dari siklus 1 65,6% meningkat menjadi 84,4% pada siklus 2.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
08/15/2015
How to Cite
Wahyuningrum, L. (2015). Kemampuan Menentukan Arah Mata Angin Pada Siswa Kelas I SD Muhammadiyah 4 Batu. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 38–46. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2446
Issue
Section
Articles
License
Copyright Notice
Authors who publish with JINoP (Jurnal Inoasi Pembelajaran) agree to the following terms:
- For all articles published in the JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to the automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).