Sikap Guru dan Tingkat Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA 3 dan SMK 1 Muhammadiyah Kota Batu

Authors

  • Sudiran FKIP

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2452

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:  (1) mengungkap sikap guru terhadap pemaanfaatan teknologi informasi internet sebagai media pembelajaran bahasa Inggris di SMA. (2) Menjelaskan tingkat kemampuan guru dalam penerapan teknologi informasi komunikasi dalam proses belajar mengajar di sekolah. (3) Menguraikan hubungan sikap guru terhadap internet dan tingkat kemampuannya menggunakan internet sebagai media pembelajaran di sekolah, dan (4) mendeskripsikan tingkat frekuensi guru dalam mengakses internet sebagai media pembelajaran di sekolah.

Penelitian menggunakan desain metode kuantitatif dan kualitatif (mixing), yang terdiri dari dua prosedur: (1) rancangan kuesioner, dan (2) penggunaan interview. Penelitian ini dilakukan di SMA 3 Muhammadiyah dan SMK 1 Muhammadiyah di kota Batu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki sikap positif terhadap pentingnya penggunaan teknologi informasi komunikasi internet sebagai media pembelajaran bahasa Inggris, guru memiliki tingkat kemampuan yang Baik ketika menggunakan teknologi informasi komunikasi dalam proses belajar mengajar di sekolah, terdapat hubungan signifikan antara sikap guru terhadap TIK dan tingkat penguasaanya sebagai media pembelajaran, dan kesulitan yang dihadapi guru dalam memanfaatkan internet sebagai media pendidikan di sekolah ada dua yaitu (1) tantangan atau kesulitan teknis dan (2) kesulitan non teknis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

08/15/2015

How to Cite

FKIP, S. (2015). Sikap Guru dan Tingkat Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA 3 dan SMK 1 Muhammadiyah Kota Batu. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 98–112. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2452

Issue

Section

Articles