Peningkatan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Listening Materi Part of Speech Text Narative melalui Audio Lingual Method Siswa SMA Muhammadiyah I Malang
DOI:
https://doi.org/10.22219/jinop.v1i2.2605Abstract
Kondisi kemampuan menulis puisi siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah I Malang yang masih rendah. Hasil observasi menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap materi part of speech pada text narative pelajaran listening masih rendah. Permasalahanya adalah bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan audio lingual method untuk meningkatkan kemampuan mengerjakan soal part of speech pada soal narative pelajaran listening siswa pada tahap pramengerjakan, mengerjakan, dan pascamengerjakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan hasil belajar siswa SMA Muhammadiyah I Malang pada mata pelajaran listening materi part of speech pada text narative melalui audio lingual method dengan menggunakan audio lingual method.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Rancangan yang diterapkan adalah tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di kelas SMA Muhammadiyah I Malang, sedangkan subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah I Malang sebanyak 23 siswa. Data penelitian ini berupa perilaku siswa serta skor siswa dalam proses pembelajaran mengerjakan materi part of speech pada text narative pelajaran listening dengan menerapkan audio lingual method. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode kualitatif untuk mengetahui hasil peningkatan belajar siswa SMA Muhammadiyah I Malang pada mata pelajaran listening materi part of speech pada text narative melalui audio lingual method.
Pembelajaran dengan menggunakan audio lingual method dapat meningkatkan belajar siswa SMA Muhammadiyah I Malang pada mata pelajaran listening materi part of speech pada text narative melalui audio lingual method , hal itu dapat dilihat dalam keberhasilan siswa siswa secara individu. Pada siklus I dengan kualifikasi cukup, siklus II kemampuan siswa dalam mengerjakan materi part of speech pada text narative pelajaran listening dengan kualifikasi baik.
Kata kunci: Listening materi part of speech, text narative, audio lingual method, Tindakan Kelas.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with JINoP (Jurnal Inoasi Pembelajaran) agree to the following terms:
- For all articles published in the JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to the automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).