Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Software Cedar Logic Simulator Sebagai Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerbang Logika Di Kelas X Tav 2 SMKN 1 Lengkong Tahun Pelajaran 2016/2017

Authors

  • Noventy Prasetyaningsih SMKN 1 LENGKONG

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.3965

Keywords:

Teams Games Tournament, Video Pembelajaran, Hasil Belajar, Aktivitas Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan (1) Penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan software CedarLogic Simulator dalam meningkatkan aktivitas siswa pada kompetensi Menerapkan Dasar-dasar Elektronika di kelas X TAV 2 SMKN 1 Lengkong  (2) Penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan software CedarLogic Simulator dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi Menerapkan Dasar-dasar Elektronika di kelas X TAV 2 SMKN 1 Lengkong.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dan dilakukan sebanyak 3 putaran yang bertujuan untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran oleh guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa kelas X-TAV 2 SMKN 1 Lengkong.

Hasil penelitian pada putaran I, II, III menunjukkan bahwa (1) Aktivitas siswa selama pembelajaran yang meliputi Visual Activities, Writing Activities, Drawing Activities, Oral Activities, Motor Activities dan Emotional Activities mengalami peningkatan. Aktivitas siswa yang muncul dari keseluruhan aktivitas yang mungkin muncul sesuai indikator mengalami peningkatan, pada putaran I sebanyak 75 %, pada putaran II sebanyak 87,5 % dan pada putaran III sebanyak 100%. Rata-rata banyaknya aktivitas siswa pada putaran I sebanyak 63,5 %, pada putaran II sebanyak 84,3 % sedangkan pada putaran III sebanyak 85,9 %. (2) Penilaian hasil belajar siswa pada penelitian ini berupa post test. Hasil belajar klasikal pada setiap putaran sebesar 78,57 %, 93,33%, dan 81,25%,

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

05/26/2017

How to Cite

Prasetyaningsih, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Software Cedar Logic Simulator Sebagai Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerbang Logika Di Kelas X Tav 2 SMKN 1 Lengkong Tahun Pelajaran 2016/2017. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 507–517. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.3965

Issue

Section

Articles