Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pokok Bahasan Ekosistem di SMA Negeri I Sumberpucung

Authors

  • Roro Eko Susetyarini Jl. Raya Tlogomas 246 Malang
  • Ainur Rofieq Jl. Raya Tlogomas 246 Malang
  • Roimil Latifa Jl. Raya Tlogomas 246 Malang
  • Sri Wahyuni Jl. Raya Tlogomas 246 Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.3967

Keywords:

Kemampuan berpikir kritis, Ekosisitem, SMA

Abstract

Pembelajaran biologi belum memperhatikan bagaimana peserta didik berpikir kritis. Tujuan implementasi Lesson study ini, yaitu mendekripsikan kemampuan berpikir kritis pada matapelajaran Biologi dengan pokok bahasan ekosisitem kelas X di SMAN I Sumberpucung. Metode yang dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif, untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan pembelajaran yang berbasis Lesson study Pelaksanaan pembelajaran berbasis LS dilakukan 3 siklus, (tahpan LS: plan, do, see), plan merupakan perancangan perencanaan pembelajaran, do merupakan pelaksanaan pembelajaran, see merupakan refleksi pelaksanaan pembelajaran berbasis LS. Kemampuan berpikir kritis yang diamati dengan parameter menentukan komponen abiotik dan biotic, membuat rantai makanan, membuat jarring-jaring makanan, membuat piramida makanan. Data kemmapuan berpikir kritis dianalisis secara desktiptif kuantitatif. Hasil menunjukkan pada saat do dilakukan pengamatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah pembelajaran berbasis LS dengan data rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada matapelajaran biologi pada siklus I 72,5; siklus II 77,13 dan siklus III 78,5. Peningkatan dari siklus I ke siklus II 4,63; siklus II  ke siklus III 1,37.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

05/26/2017

How to Cite

Susetyarini, R. E., Rofieq, A., Latifa, R., & Wahyuni, S. (2017). Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pokok Bahasan Ekosistem di SMA Negeri I Sumberpucung. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 542–549. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.3967

Issue

Section

Articles