PENINGKATAN MINAT KEWIRAUSAHAAN SISWA SMP DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC SELL

Authors

  • zakki fitroni SMP MUHAMMADIYAH 8 KOTA BATU

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.4556

Keywords:

Enterpreneurship, Potential, Scientific Sell

Abstract

Abstrak: Pendidikan seni budaya merupakan mata pelajaran yang potensial dalam meningkatkan minat kewirausahaan siswa. Untuk memberi dampak yang signifikan terhadap minat siswa berwirausaha diperlukan pendekatan pembelajaran yang mampu memasukkan nilai kewirausahaan secara efektif ke dalam pembelajaran. Dengan memodifikasi pendekatan scientific dan menambahkan satu langkah lagi yaitu Sell (menjual) sehingga pendekatan ini dinamakan pendekatan Scientific Sell. Keterlaksanaan pendekatan scientific sell dalam materi melukis ragam hias pada media bangkiak, mampu meningkatkan minat siswa terhadap kewirausahaan siswa dengan menggunakan langkah; Mengamati, menanya mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mencipta, menjual dan Mengkomunikasikan/refeksi. Keberhasilan pendekatan ini dapat dilihat dari hasil penilaian psikomotor dengan rata rata nilai yang diperoleh adalah 84,32% dan rata-rata nilai kognitif yang diperoleh adalah 82,19%. Sedangkan Nilai afektif didapat berdasarkan pengamatan minat siswa di siklus I sebesar 85,93%, dan mengalami peningkatan sebesar 2,55% sehingga menjadi 88,48% pada siklus II.

 

Kata kunci: Kewirausahaan, Minat, Scientific Sell.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. (2009). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Pustaka Setia.

Alma, Buchari. (2004).Kewirausahaan Penuntun Perkuliahan untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta.

Gallyn, Ditya M. (2011). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia. UPI: Tidak Diterbitkan.

Subandono, Aris. (2007). Pengaruh Life Skill Diklat Kimia Produktif dan Prestasi Belajar Diklat Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha pada Siswa SMK Kimia Industri Theresiana Semarang. Skripsi. FMIPA-UNES.

Website:

http://swa.co.id/business-strategy/management/jumlah-wirausaha-indonesia-hanya-043-dari-total-populasi

Downloads

Published

11/28/2017

How to Cite

fitroni, zakki. (2017). PENINGKATAN MINAT KEWIRAUSAHAAN SISWA SMP DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC SELL. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(2), 659–670. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.4556