Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Think Pair and Share dengan Pemberian Guided Questions System pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Malang

Authors

  • Yuliati Yuliati SMP Negeri 24 Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.4971

Keywords:

Think Pair Share, Guided Question System, Motivasi dan Hasil Belajar

Abstract

Abstrak.Proses pembelajaran merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian pelaksanaan oleh guru dan peserta didik atas dasar hubungan timbal-balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Interaksi timbal balik antara guru dan peserta didik ini merupakan syarat utama bagi berlangsungnya proses pembelajaran. Model pembelajaran yang bisa dilakukan untuk memotivasi siswa dalam proses pembelajaran yaitu Think PairShare(TPS) melalui pemberian tugas Guided Questions System (GQS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikanpenerapan model pembelajaran TPSdengan pemberian GQS dalam meningkatkan  motivasidan hasil belajar siswa. Design penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jumlah sampel 38 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan catatan lapangan sedangkan analisa data dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama siswa yang tuntas belajar berjumlah 74%, dan mengalami peningkatan sebesar 89% pada siklus ke dua. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan sebesar 15% dari tindakan pemberian model pembelajaran TPS melalui pemberian GQS.Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TPS melalui metode GQS terbukti secara signifikan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

 

 

Kata kunci:Think Pair Share, Guided Question System, Motivasi dan Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

11/28/2017

How to Cite

Yuliati, Y. (2017). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Think Pair and Share dengan Pemberian Guided Questions System pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Malang. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(2), 649–658. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.4971