KOMPETENSI MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN GEOMETER’S SKETCHPAD DENGAN AUTHENTIC ASSESSMENT

Authors

  • Mohammad Syaifuddin Universitas Muhammadiyah Malang
  • Reni Dwi Susanti Universitas Muhammadiyah Malang
  • Rizal Dian Azmi Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.5014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi matematika mahasiswa pada pembelajaran menggunakan Geometer’s Sketchpad dengan authentic assessment baik dari aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Jenis penelitian ini adalah kombinasi penelitian kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah 92 mahasiswa yang mengambil mata kuliah geometri transformasi, dengan 48 dan 44 mahasiswa dari kelas eksperiman dan kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan angket. Metode kualitatif deskriptif digunakan untuk menganalisis data sikap dan keterampilan mahasiswa dalam menggunakan Geometer’s Sketchpad, dan uji t berbantuan SPSS digunakan untuk menganalisis perbedaan pemahaman konsep matematika mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap, respon, dan keterampilan mahasiswa pada pembelajaran menggunakan Geometer’s Sketchpad berkategori baik, dimana Geometer’s Sketchpad sangat membantu mahasiswa dalam memahami mata kuliah gemoetri transformasi dan terampil menggunakannya. Kompetensi mahasiswa yang menggunakan Geometer’s Sketchpad dengan authentic assesssment lebih baik dari kompetensi mahasiswa yang tidak menggunakan Geometer’s Sketchpad. Diharapkan Geometer’s Sketchpad dapat digunakan pada penelitian lainnya sehingga kompetensi mahasiswa menjadi lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mohammad Syaifuddin, Universitas Muhammadiyah Malang

Mathematics Education

References

Asmawati. (2019). Penggunaan Aplikasi Software Geometer’s Sketchpad pada Pembelajaran Matematika untuk Memahamkan Konsep Transformasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education. Volume 2, Nomor 1

Azim, S., & Khan, M. (2012). Authentic assessment: An instructional tool to enhance students learning. Academic Research International, 2(May), 314–320.

Bakar, K. A., Tarmizi, R. A., Ayub, A. F. M., & Yunus, A. S. M. (2009). Effect of utilizing Geometer ’ s Sketchpad on performance and mathematical thinking of secondary mathematics learners : An initial exploration. International Journal of Education and Information Technologies, 3(1), 20–27.

Becker, H. (1991). How Computers are Used in United States Schools: Basic Data from the 1989 I.E.A. Computers in Education Survey. Journal of Educational Computing Research, 7(4), 385–406. https://doi.org/10.2190/P2UT-R3U3-FK1L-B89L

Dimakos, G., & Zarani, N. (2010). The Influence Of The Geometer’s Sketchpad On The Geometry Achievement Of Greek School Students G. Dimakos, N. Zaranis. The Teaching of Mathematics, XIII(2), 113–124.

Eu, L. K. (2013). Impact Of Geometer ’ s Sketchpad On Students Achievement In Graph Functions, 1.

Frey, B. B., Schmitt, V. L., & Allen, J. P. (2012). Defining Authentic Classroom Assessment - Practical Assessment, Research & Evaluation. Practical Assessment, Research & Evaluation, 17(2), 1–18. https://doi.org/10.1002/tl.7401

Hodgman, M. R. (2014). Using Authentic Assessments to Better Facilitate Teaching and Learning : The Case for Student Portfolios, 4(3), 59–65. https://doi.org/10.5296/jse.v4i3.6149

Idris, N. (2007). The effect of geometers’ sketchpad on the performance in geometry of Malaysian students’ achievement and their van Hiele geometric thinking. Malaysian Journal of Mathematical Sciences, 1(2), 169–180.

Idris, N. (2009). The Impact of Using Geometers’ Sketchpad on Malaysian Students’ Achievement and Van Hiele Geometric Thinking. Journal of Mathematics Education, 2(2), 94–107.

Jahanian, R. (2012). Educational Evaluation : Functions and Applications in Educational Contexts. International Journal of Academic Research in Economics and Management Sciences, 1(2), 253–257.

Khairiree, K. (1994). Connecting Geometry , Algebra and Calculus with The Geometer ’ s Sketchpad ( GSP ): Thailand Perspective.

Kintoko, Sujadi, I., & Saputro, D. R. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer Dengan Lectora Authoring Tools Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP / MTs. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(2), 167–178.

Phonguttha, R., Tayraukham, S., & Nuangchalerm, P. (2008). Comparisons of mathematics achievement, attitude towards mathematics and analytical thinking between using the geometer’s sketchpad program as media and conventional learning activities. In IMSCI 2008 - 2nd International Multi-Conference on Society, Cybernetics and Informatics, Proceedings. https://doi.org/10.2139/ssrn.1285446

Section, C., & Alam, S. (2010). Authentic Assessment and Pedagogical Strategies in Higher Education Chan Yuen Fook and Gurnam Kaur Sidhu Faculty of Education , University Technology MARA ,. Social Sciences, 6(2), 153–161. https://doi.org/10.3844/jssp.2010.153.161

Syamsuduha, D. (2011). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Program Geometer ’ s Sketchpad Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, (3), 978–979.

Tieng, P. G., & Eu, L. K. (2014). Improving Students’ Van Hiele Level of Geometric Thinking Using Geometer’s Sketchpad. Malaysia Online Journal of Educational Techology, 2(3), 20–31.

Wu, H.-H. (2012). The Journal of Mathematics Education at Teachers College is a publication of the Program in Mathematics and Education at Teachers College Columbia University in the City of New York . Journal of Mathematics Education at Teachers College, 3, 6–18.

Downloads

Published

05/29/2020

How to Cite

Syaifuddin, M., Susanti, R. D., & Azmi, R. D. (2020). KOMPETENSI MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN GEOMETER’S SKETCHPAD DENGAN AUTHENTIC ASSESSMENT. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 41–49. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.5014

Issue

Section

Articles