Peningkatan Ketahanan Pribadi Siswa dalam Pelajaran Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif STAD Siswa Kelas XI TKR-2 SMK Negeri I Singosari

Authors

  • Djulikah Djulikah SMK Negeri I Singosari Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.5016

Keywords:

Ketahanan Pribadi, Belajar Matematika, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Abstract

Abstrak

            Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan (1) penggunaan pembelajaran kooperatif STAD untuk meningkatkan ketahanan pribadi siswa dalam pelajaran matematika; (2) hasil penggunaan pembelajaran kooperatif STAD untuk meningkatkan ketahanan pribadi siswa dalam pelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskrip.Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Dari siklus ke siklus menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan senantiasa meningkatkan kualitas pelaksanaan belajar kelompok. Lokasi penelitian di Kelas XI TKR-2 SMKN I Singosari.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan ketahanan pribadi siswa SMK Negeri 1 Singosari  dalam belajar matematika, (2) ketahanan pribadi siswa meningkat dengan indikator 63% siswa berani bertanya, 60% siswa berani berpendapat, 83% siswa berani memulai pekerjaan dan kebiasaan mencontoh kuis pekerjaan teman baru mencapai 58 %.

 

Kata-kata Kunci : Ketahanan Pribadi, Belajar Matematika, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

11/28/2017

How to Cite

Djulikah, D. (2017). Peningkatan Ketahanan Pribadi Siswa dalam Pelajaran Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif STAD Siswa Kelas XI TKR-2 SMK Negeri I Singosari. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(2), 5776–587. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.5016