ANALISIS PROSES PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE V.3.1. PADA MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.22219/jinop.v4i2.6576Keywords:
E-learning berbasis Moodle V.3.1, Pemahaman KonsepAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbantuan internet. Secara khusus penelitian ini bertujuan mendesain dan mengembangkan e-learning berbasis Moodle V.3.1. untuk meningkatkan pemahaman konsep mata kuliah Belajar dan Pembelajaran Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi IKIP Budi Utomo Malang. Langkah yang ditempuh adalah menggunakan prosedur pengembangan yang merupakan kombinasi antara prosedur-prosedur pengembangan dari Alessi dan Trollip. Prosedur pengembangan meliputi 4 tahap utama yaitu perecanaan, desain, pengembangan dan evaluasi sumatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengolah maupun dan menginterpretasikan hasil tinjauan dan uji coba produk pengembangan bahan ajar yaitu teknik analisis kuantitatif. Analisis data kuantiatif digunakan untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen tes pemahaman konsep. Analisis data dijadikan acuan untuk memperbaiki atau merevisi produk. Hasil pengembangan produk e-learning berupa manajemen pembelajaran online dengan software aplikasi moodle versi 3.1 dengan revisi versi 3.5.7 dengan alamat https://widyapradipta.com. Kelayakan produk e-learning pada aspek materi mendapatkan nilai 76,34 % dan termasuk dalam kategori baik, pada aspek media mendapatkan nilai sebesar 81,83 % dan termasuk dalam kategori sangat baik, aspek respon mahasiswa mendapatkan nilai 88% dalam kategori baik dan pemahaman onsep mahasiswa meningkat 23,6% menjad 83,6% kategori sangat baik.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Agung Santoso. (2010). Studi deskriptif effect size penelitian-penelitian di fakultas psikologi universitas sanata dharma. Jurnal Penelitian Sanata Dharma, 2(50) 1-17.
Alessi & Trollip. (2001). Multimedia for Learning: Methods and development. Massachusetts: A Pearson Education.
Allen, Michael. (2013). Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada : John Wiley & Sons.
Anderson, L.W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy For Learning, Teaching And Assessing. New York: Longman.
Bloom, B.S. (1981). Taxonomy of Educational Objective the Classification of Educational Goals. London: Longman.
Budiningsih, A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Clark, R.C., & Mayer, R.E. (2001). E-Learning and the Science of Instruction (3rd ed.). CA: Pfeiffer
Dahar, R.W. (2011). Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Degeng, I.N. (1989). Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Naidu, Som. (2006). E-Learning “A Guideebook of Principles, Procedures and Practices”. Melbourne: Commonwealth of Learning.
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2011). Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kusumaningrum, D.A, & Marpanaji, E. (2014). Pengembangan E-learning Dengan Pendekatan Teori Kognitif Multimedia Pembelajaran Di Jurusan TKJ SMK Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(1), 28-39.
Sara, C., & Mukminan. (2014). Pengembangan E-Learning Mata Kuliah Aplikasi Komputer 2 Di Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Flores. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(1), 139-152.
Sugiyono, (2007). Statistika untuk penelitian. Bandung : CV. Alfabeta
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
.
Sukardjo. (2006). Desain pembelajaran: evaluasi pembelajaran. PPs UNY: Program Studi Penelitian Evaluasi Pendidikan.
Surjono, H.D. (2011). Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle. Yogyakarta: UNY Press.
Wahyuningsih, D., & Budiningsih, C.A. (2014). Implementasi Blended Learning by the Constructive Approach (BLCA) dalam Pembelajaran Interaksi Manusia dan Komputer. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(1), 15-27.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with JINoP (Jurnal Inoasi Pembelajaran) agree to the following terms:
- For all articles published in the JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to the automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).