Penerapan Model TTW berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Kebersamaan Siswa Kelas II

Authors

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v4i2.6768

Keywords:

think talk write, saintifik

Abstract

Model pembelajaran sangat diperlukan dalam pelaksanaan pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penerapan model pembelajaran yang sesuai dapat mengembangkan aktivitas belajar siswa sehingga memberikan hasil belajar yang optimal. Pendekatan pembelajaran dalam kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik yang terintegrasi dalam pembelajaran tematik.  Pendekatan ini mencakup 5M. Penelitian ini menggunakan model yang disesuaikan dengan pendekatan tersebut. Pelaksanaan penelitian menyesuaikan standar kurikulum yang berlaku dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas II SDN Salatiga 05 melalui penerapan model ttw berbasis saintifik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan bentuk spiral dari model Kemmis dan Mc Taggart untuk tahapan acting dan observating disatukan dalam satu kolom. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Salatiga 05. Peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa karena adanya aktivitas belajar siswa. Persentase hasil belajar siklus I muatan Bahasa Indonesia sebesar 78,95% dan pada siklus II sebesar 100%. Sedangkan persentase ketuntasan pada Matematika dalam siklus I sebesar 81,6% dan siklus II sebesar 92%. Berdasarkan hasil tersebut, penelitian dengan model ttw berbasis saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Siti Niswatun Azizah, Universitas Kristen Satya Wacana

Mahasiswa PPG Prajabatan PGSD UKSW

References

Ananda, A. T., Makmuri, M., & Ambarwati, L. 2017. Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswapada Materi Pythagoras Kelas VIII-E SMP Negeri 115 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 1(1), 76-85.

Anshory, I., Saputra, S. Y., & Amelia, D. J. 2018. Pembelajaran Tematik Integratif pada Kurikulum 2013 di Kelas Rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 35.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Azizah, I. N., & Estiastuti, A. 2017. Keterampilan Guru dalam Pengelolaan Kelas Rendah pada Pembelajaran Tematik di SD.

Budiyanto, M. A. K., Waluyo, L., & Mokhtar, A. 2016, November. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran di Pendidikan Dasar di Malang. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 46-51)

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Hasmi, F. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Kata pada Siswa Kelas II SD Negeri 001 Rimba Sekampung Dumai. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 7(4), 423-428.

Listiana, L. (2013, October). Pemberdayaan Keterampilan Berpikir dalam Pembelajaran Biologi melalui Model Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) dan TTW (Think, Talk, Write). In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 10, No. 1).

Octaviani, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik dalam Implementasi Kurikulum 2013 Kelas 1 Sekolah Dasar. EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 93-98.

Simanjuntak, R. 2017. Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 8 Kota Tebing Tinggi dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 Melalui Kegiatan Pendampingan. School Education Journal PGSD FIP Unimed, 7(3), 388-398.

Simbolon, M. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Serta Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 5 Tebing Tinggi. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 7(3), 353-362.

Sugiarti, N. L. P. Y., Putra, I. K. A., & Abadi, I. B. G. S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Kediri, Tabanan Tahun Ajaran 2013/2014. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Sumirat, L. A. (2013). Efektifitas strategi pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa (Doctoral dissertation, Universitas Terbuka).

Uslan, U., & Nuriyah, N. 2018. Model Student Centered Learning (SCL) di Sekolah Dasar (SD) yang Inovatif Terintegrasi Pembelajaran Terpadu. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 63-67.

Trianto. 2009. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya

Downloads

Published

11/30/2018

How to Cite

Azizah, S. N., & Wahyudi, W. (2018). Penerapan Model TTW berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Kebersamaan Siswa Kelas II. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(2), 160–171. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i2.6768