Penerapan Model TTW berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Kebersamaan Siswa Kelas II
DOI:
https://doi.org/10.22219/jinop.v4i2.6768Keywords:
think talk write, saintifikAbstract
Model pembelajaran sangat diperlukan dalam pelaksanaan pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penerapan model pembelajaran yang sesuai dapat mengembangkan aktivitas belajar siswa sehingga memberikan hasil belajar yang optimal. Pendekatan pembelajaran dalam kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik yang terintegrasi dalam pembelajaran tematik. Pendekatan ini mencakup 5M. Penelitian ini menggunakan model yang disesuaikan dengan pendekatan tersebut. Pelaksanaan penelitian menyesuaikan standar kurikulum yang berlaku dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas II SDN Salatiga 05 melalui penerapan model ttw berbasis saintifik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan bentuk spiral dari model Kemmis dan Mc Taggart untuk tahapan acting dan observating disatukan dalam satu kolom. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Salatiga 05. Peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa karena adanya aktivitas belajar siswa. Persentase hasil belajar siklus I muatan Bahasa Indonesia sebesar 78,95% dan pada siklus II sebesar 100%. Sedangkan persentase ketuntasan pada Matematika dalam siklus I sebesar 81,6% dan siklus II sebesar 92%. Berdasarkan hasil tersebut, penelitian dengan model ttw berbasis saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar.Downloads
References
Ananda, A. T., Makmuri, M., & Ambarwati, L. 2017. Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswapada Materi Pythagoras Kelas VIII-E SMP Negeri 115 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 1(1), 76-85.
Anshory, I., Saputra, S. Y., & Amelia, D. J. 2018. Pembelajaran Tematik Integratif pada Kurikulum 2013 di Kelas Rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 35.
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Azizah, I. N., & Estiastuti, A. 2017. Keterampilan Guru dalam Pengelolaan Kelas Rendah pada Pembelajaran Tematik di SD.
Budiyanto, M. A. K., Waluyo, L., & Mokhtar, A. 2016, November. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran di Pendidikan Dasar di Malang. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 46-51)
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Hasmi, F. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Kata pada Siswa Kelas II SD Negeri 001 Rimba Sekampung Dumai. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 7(4), 423-428.
Listiana, L. (2013, October). Pemberdayaan Keterampilan Berpikir dalam Pembelajaran Biologi melalui Model Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) dan TTW (Think, Talk, Write). In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 10, No. 1).
Octaviani, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik dalam Implementasi Kurikulum 2013 Kelas 1 Sekolah Dasar. EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 93-98.
Simanjuntak, R. 2017. Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 8 Kota Tebing Tinggi dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 Melalui Kegiatan Pendampingan. School Education Journal PGSD FIP Unimed, 7(3), 388-398.
Simbolon, M. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Serta Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 5 Tebing Tinggi. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 7(3), 353-362.
Sugiarti, N. L. P. Y., Putra, I. K. A., & Abadi, I. B. G. S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Kediri, Tabanan Tahun Ajaran 2013/2014. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).
Sumirat, L. A. (2013). Efektifitas strategi pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa (Doctoral dissertation, Universitas Terbuka).
Uslan, U., & Nuriyah, N. 2018. Model Student Centered Learning (SCL) di Sekolah Dasar (SD) yang Inovatif Terintegrasi Pembelajaran Terpadu. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 63-67.
Trianto. 2009. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with JINoP (Jurnal Inoasi Pembelajaran) agree to the following terms:
- For all articles published in the JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to the automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).