PENGEMBANGAN INSTRUMEN E-TEST SEBAGAI INOVASI PENILAIAN BERBASIS ONLINE DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • kuncahyono kuncahyono Universitas Muhammadiyah Malang
  • Maharani Kumalasani Universitas Muhammadiyah Malang
  • Dian Aini Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v5i2.7139

Keywords:

Instrumen e-test, Penilaian, Online

Abstract

Perkembangan IPTEK saat ini secara langsung berdampak pada perubahan bentuk pengajaran dalam bidang Pendidikan. Guru dituntut untuk menguasai teknologi untuk menunjang proses pembelajarannya. Salah satu proses dalam pembelajaran yang dapat diimplementasikan dengan kemajuan teknologi adalah proses penilaian. Dalam proses penilaian dibutuhkan pola yang sistematis sehingga mempermudah proses penilaian.

SD Tlogomas 2 Malang merupakan salah satu SD yang sudah menerapkan kurikulum 2013. Para guru sudah menerapkan pembelajaran tematik terpadu, dan mencoba mengaplikasikan media dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Namun dalam melaksanakan penilaian hanya menggunakan perangkat instrument paper based test. Guru belum menggunakan penilaian secara online.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan O’ Malley dan Pierce yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian dengan lima tahapan meliputi: 1) menentukan tujuan pengembangan, 2) menyusun spesifikasi produk, 3) melakukan pengembangan, 4) uji coba, dan 5) revisi. Penelitian ini bertujuan untuk ini memfasilitasi siswa dalam meningkatkan kemampuan dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu juga sebagai sarana untuk mempermudah guru dalam melakukan penilaian secara sistematis.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

11/29/2019

How to Cite

kuncahyono, kuncahyono, Kumalasani, M., & Aini, D. (2019). PENGEMBANGAN INSTRUMEN E-TEST SEBAGAI INOVASI PENILAIAN BERBASIS ONLINE DI SEKOLAH DASAR. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(2), 155–169. https://doi.org/10.22219/jinop.v5i2.7139