PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN MELALUI METODE SIBOMBER BERBANTUAN KUIS INTERAKTIF PADA PESERTA DIDIK KELAS I-4 SMA NEGERI 3 MALANG

Authors

  • Binti Ngafifatul Maidah Islamic International School PSM Kediri
  • Sugiarti Sugiarti Universitas Muhammadiyah Malang
  • Basuki Agus Priyana Putra SMA Negeri 3 Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.8011

Keywords:

metode sibomber, kuis interaktif, menulis surat lamaran pekerjaan, aktivitas belajar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan melalui metode sibomber berbantuan kuis interaktif pada peserta didik kelas I-4 SMA Negeri 3 Malang. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus dengan indikator ketuntasan klasikal 80%. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I-4 SMAN 3 Malang sejumlah 20 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan metode sibomber berbantuan kuis interaktif dalam pembelajaran menulis surat lamaran pekerjaan mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh rata-rata keseluruhan aktivitas pendidik sebesar 72,61% menjadi 86,9% pada siklus II. Hasil peningkatan yang diperoleh mencapai 14,29%. (2) Aktivitas peserta didik berdasarkan rata-rata keseluruhan aktivitas belajar yang muncul sesuai indikator mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 66,14% menjadi 81,49% pada siklus II. Hasil peningkatan aktivitas belajar mencapai 15,35%. (3) Peningkatan kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan ditunjukkan dengan rata-rata nilai pada siklus I sebesar 77 menjadi 87,8 pada siklus II. Hasil peningkatan yang diperoleh mencapai 10,8. Hasil belajar klasikal pada siklus I sebesar 70% menjadi 100% pada siklus II sehingga meningkat sebesar 30%.

 


Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Binti Ngafifatul Maidah, Islamic International School PSM Kediri

Mahasiswa PPG Prajabatan Bersubsidi 2018

Sugiarti Sugiarti, Universitas Muhammadiyah Malang

Mahasiswa PPG Prajabatan Bersubsisi

References

DAFTAR PUSTAKA Adiwisastra, M. F. (2015). Perancangan Game Kuis Interaktif Sebagai Multimedia Pembelajaran Drill and Practice Untuk, II(1), 205–211. Retrieved from https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/9018/Bab 2.pdf?sequence=10 Kemendikbud, I. (2016a). Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK, (Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK). Kemendikbud, I. (2016b). Peraturan pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia. Kemendikbud, (Standar Penilaian Pendidikan). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.athoracsur.2009.09.030 Kemendikbud, I. (2016c). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMA/MA/SMK/MAK). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sukatman, dkk. (2013). Model Pembelajaran Kreatif. (A. Muti’ah, Ed.) (Cetakan Pe). Yogyakarta: Gress Publishing. Suryaman, Maman., Suherli., dan I. (2018). Buku Guru: Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII. (M. R. Purnanto, Dwi., Ed.) (Ke-2). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Syarif, E. dkk. (2009). Pembelajaran Menulis. In Mudini (Ed.) (p. 43). Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Bahasa.

Downloads

Published

05/30/2020

How to Cite

Maidah, B. N., Sugiarti, S., & Putra, B. A. P. (2020). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN MELALUI METODE SIBOMBER BERBANTUAN KUIS INTERAKTIF PADA PESERTA DIDIK KELAS I-4 SMA NEGERI 3 MALANG. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 87–100. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.8011

Issue

Section

Articles