PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN MELALUI METODE SIBOMBER BERBANTUAN KUIS INTERAKTIF PADA PESERTA DIDIK KELAS I-4 SMA NEGERI 3 MALANG
DOI:
https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.8011Keywords:
metode sibomber, kuis interaktif, menulis surat lamaran pekerjaan, aktivitas belajarAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan melalui metode sibomber berbantuan kuis interaktif pada peserta didik kelas I-4 SMA Negeri 3 Malang. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus dengan indikator ketuntasan klasikal 80%. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I-4 SMAN 3 Malang sejumlah 20 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan metode sibomber berbantuan kuis interaktif dalam pembelajaran menulis surat lamaran pekerjaan mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh rata-rata keseluruhan aktivitas pendidik sebesar 72,61% menjadi 86,9% pada siklus II. Hasil peningkatan yang diperoleh mencapai 14,29%. (2) Aktivitas peserta didik berdasarkan rata-rata keseluruhan aktivitas belajar yang muncul sesuai indikator mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 66,14% menjadi 81,49% pada siklus II. Hasil peningkatan aktivitas belajar mencapai 15,35%. (3) Peningkatan kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan ditunjukkan dengan rata-rata nilai pada siklus I sebesar 77 menjadi 87,8 pada siklus II. Hasil peningkatan yang diperoleh mencapai 10,8. Hasil belajar klasikal pada siklus I sebesar 70% menjadi 100% pada siklus II sehingga meningkat sebesar 30%.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA Adiwisastra, M. F. (2015). Perancangan Game Kuis Interaktif Sebagai Multimedia Pembelajaran Drill and Practice Untuk, II(1), 205–211. Retrieved from https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/9018/Bab 2.pdf?sequence=10 Kemendikbud, I. (2016a). Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK, (Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK). Kemendikbud, I. (2016b). Peraturan pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia. Kemendikbud, (Standar Penilaian Pendidikan). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.athoracsur.2009.09.030 Kemendikbud, I. (2016c). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMA/MA/SMK/MAK). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sukatman, dkk. (2013). Model Pembelajaran Kreatif. (A. Muti’ah, Ed.) (Cetakan Pe). Yogyakarta: Gress Publishing. Suryaman, Maman., Suherli., dan I. (2018). Buku Guru: Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII. (M. R. Purnanto, Dwi., Ed.) (Ke-2). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Syarif, E. dkk. (2009). Pembelajaran Menulis. In Mudini (Ed.) (p. 43). Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Bahasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with JINoP (Jurnal Inoasi Pembelajaran) agree to the following terms:
- For all articles published in the JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to the automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).