Peningkatan kemampuan berdebat melalui model pembelajaran learning cycle 5E dengan bantuan peta konsep siswa G-2

Authors

  • Mahftyn Amalia Sintawati SMA Negeri 3 Malang, Jl. Sultan Agung No.7, Kota Malang, Indonesia
  • Sugiarti Sugiarti Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang, Jl. Raya Tlogomas 246 Kota Malang, Indonesia
  • Ranggi Ramadhani Ilminisa SMA Negeri 3 Malang, Jl. Sultan Agung No.7, Kota Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.8024

Keywords:

Kemampuan Berdebat, Model Learning Cycle 5E, Peta Konsep

Abstract

Model pembelajaran Learning Cycle 5E sangat cocok untuk memacu dan mendorong siswa agar aktif menyampaikan ide/gagasan dalam praktik berdebat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berdebat melalui model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan bantuan peta konsep siswa G-2 SMA Negeri 3 Malang. Pemilihan Bantuan media peta konsep diharapkan dapat membantu siswa agar lebih terarah dalam pemahaman konsep serta penyampaikan ide/gagasan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas G-2 SMA Negeri 3 Malang pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan yang bersifat kolaboratif. menggunakan 2 siklus dalam penerapannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penilitian ini adalah observasi, praktik, dan, wawancara. Kemampuan berdebat siswa kelas G-2 SMAN 3 Malang melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan bantuan peta konsep mengalami peningkatan dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada nilai rata-rata hasil praktik berdebat pada siklus I yaitu 78,3 dengan jumlah ketuntasan sebanyak 24 siswa atau (75%) . Pada pembelajaran siklus II nilai rata-rata praktik berdebat siswa yaitu 83,8 % dengan jumlah ketuntasan sebanyak 30 siswa atau (93,7%). Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan bantuan peta konsep mampu meningkatkan kemampuan berdebat siswa.

 

Kata Kunci: kemampuan berdebat, model learning Cycle 5E, peta konsep

 

The 5E Learning Cycle learning model is valid for stimulating and encouraging students to actively convey ideas/ideas in debating practice. This research aimed to improve debating skills through the 5E Learning Cycle learning model with the help of concept maps for G-2 students of SMA Negeri 3 Malang. Selection of concept map media assistance is expected to help students to be more focused in understanding concepts and conveying ideas. The research employed 32 students of G-2 class SMA Negeri 3 Malang in the even semester of the 2018/2019 academic year as the research subject. This research employed a classroom action research (CAR) with a collaborative design using 2 cycles in its application. The data collection techniques used in this research were observation, practice, and interviews. The debating ability of G-2 class students of SMAN 3 Malang through the application of the Learning Cycle 5E learning model with the help of concept maps has increased from pre-cycle, cycle I, and cycle II. The average value of the results of debating practice in cycle I was 78.3 with 24 students or (75%) completeness. In the second cycle of learning the average value of students' arguing practice was 83.8% with the total completeness of 30 students or (93.7%). The conclusion of the research shows that the application of the 5E Learning Cycle learning model with the help of concept maps can improve students' arguing skills.

Keywords: debating ability, 5E Cycle learning model, concept map

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

11/20/2020

How to Cite

Sintawati, M. A., Sugiarti, S., & Ilminisa, R. R. (2020). Peningkatan kemampuan berdebat melalui model pembelajaran learning cycle 5E dengan bantuan peta konsep siswa G-2. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 149–163. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.8024