Pengembangan media board game untuk pembelajaran tematik di sekolah dasar

Authors

  • Wahyu Candra Dwi Safitri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana, Jl. Diponegoro No. 52-60, Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.8186

Keywords:

Media pembelajaran, Board Game, Pemecahan Masalah, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Pembelajaran tematik di sekolah dasar sangat penting untuk memperkuat karakter siswa, salah satunya dengan media board game. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media board game pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan desain ADDIE yang meliputi lima tahap, yakni 1) analysis (analisis), 2) design (perancangan), 3) development (pengembangan), 4) implementation (implementasi), dan 5) evaluation (evaluasi). Kevalidan produk diperoleh melalui uji pakar dengan instrumen validasi pakar. Kepraktisan produk diperoleh melalui uji coba terbatas 8 siswa dan pemberian angket untuk melihat respon siswa setelah menggunakan media board game. Keefektifan produk diperoleh melalui uji coba satu kelas dengan one grup pretest-posttest design yang hasilnya diuji menggunakan Paired Samples t-Test dengan SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media board game dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Media pembelajaran dinyatakan valid berdasarkan hasil uji pakar media, pakar materi, dan pakar pembelajaran yang rata-ratanya mencapai 74.3% (tinggi). Media pembelajaran dinyatakan praktis berdasarkan hasil angket respon siswa mencapai 94% (praktis). Media pembelajaran juga dinyatakan efektif berdasarkan rata-rata hasil pretes dan postes serta uji Paired Samples T Test pretest-posttest dengan menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sama dengan 0,000.

 

Kata kunci: Media pembelajaran; Board Game; Pemecahan Masalah; Siswa Sekolah Dasar.

 

ABSTRACT

This study aimed to develop and test the validity, practicality, and effectiveness of game board media on thematic learning in elementary schools. It employed Research and Development (R&D) method with ADDIE design, including 1) analysis, 2) design, 3) development, 4) implementation and 5) evaluation. The product validity was obtained through expert tests using expert validation instruments. The product practicality was verified after limited trials to 8 students. Questionnaires were given to see student responses after using the game board media. The product effectiveness was validated by a one-class trial with one group pretest-posttest design, tested using Paired Samples t-test in SPSS 20.0. Results showed that board game media improved elementary school students’ problem-solving skills in thematic learning. The learning media is valid based on the test results of media experts, material experts, and learning experts. It is also practical based on the results of the student response questionnaire. The learning media is effective based on the results of the average pretest and posttest and the Paired Samples t-test pretest-posttest test results by showing the Sig. (2-tailed) equal to 0,000.

 

Keywords: Learning Media; Board Game; Problem Solving; Elementary students.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Maidah, A., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2017). Pengembangan bahan ajar tematik cetak semi digital berbasis multiple intelligences untuk siswa kelas I SD. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017 , 11–16.

Danarti, Dessy. 2010. 52 Fun Family Full Games Mudah, Murah, Menarik, Kreatif, Edukatif, Sekaligus Menyenangkan. Yogyakarta: CV ANDI.

Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. 2017. Materi Pokok SD. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan self-efficacy siswa SMP dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2).

Kustiawan, Usep. 2016. Pengembangan Media Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudera.

Larasati, D. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA CHAMPIONSHIP TRACK

Mulyati, T. (2016). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2).

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Kemdikbud.

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Anak Usia Dini. Gunung Samudera.

Prastowo, A. (2015). Menyusun Rencana PelaksanaanPembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI. Kencana.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Saifuddin. (2014). Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. . Deepublish.

Sanjaya, Wina. 2017. Paradigma Baru Mengajar. Jakarta: Kencana.

Saraswati, D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan model Means-ends Analysis (MEA) bagi siswa kelas 5 SD Negeri Sumogawe 02. Jurnal pendidikan dasar perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(1), 1-12.

Soebagio, M. F., Yuwono, E. C., & Soewito, B. M. (2015). Perancangan Media Permainan Edukatif mengenai Kuliner dari Pemanfaatan Mangrove untuk Anak Usia 8-12 Tahun. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6), 13.

Suda, I. K. (2016). Pentingnya Media dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa di Sekolah Dasar. Universitas Hindu Indonesia.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/ RA & Anak Kelas Awal SD/ MI. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Triastuti, D., & Irawan, E. B. (2017). Pengembangan Media Papan Permainan Panjat Pinang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(10), 1344-1350.

Trinova, Z. (2012). Hakikat Belajar dan Bermain Menyenangkan bagi Peserta Didik. . Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209–215.

Wahyudi, & Anugraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. . Satya Wacana University Press.

Downloads

Published

11/20/2020

How to Cite

Safitri, W. C. D. (2020). Pengembangan media board game untuk pembelajaran tematik di sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 181–190. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.8186