REKOGNISI DALAM MEREPRESENTASIKAN SIMBOL TURUNAN PARSIAL SEBAGAI METONYMY DAN METAPHOR

Authors

  • Zukhrufurrohmah Zukhrufurrohmah Muhammadiyah Malang University
  • Octavina Rizky Utami Putri Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v5i2.9659

Keywords:

representasi, simbol, turunan parsial, metonymy, metaphor

Abstract

Representasi simbol melibatkan metonymy dan metaphor. Metonymy sebagai rantai penanda, dalam hal ini simbol, sedangkan metaphor sebagai pemaknaan dari penanda (simbol). Metonymy dan metaphor saling terkait dan terlibat dalam sistem penyimbolan saat seseorang menemukan simbol baru dalam proses pembelajaran matematika. Mahasiswa Teknik Sipil banyak menemukan simbol baru dalam perkuliahan Kalkulus II, seperti simbol fungsi dua variabel atau lebih beserta turunannya. Simbol-simbol tersebut tentunya berbeda dengan simbol fungsi satu variabel dan turunannya yang telah dipelajari pada Kalkulus I semester sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa Teknik Sipil dalam merepresentasikan simbol sebagai metonymy dan metaphor melalui penyelesaian masalah Turunan Parsial. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus, sebagai salah satu upaya untuk mendeteksi kesulitan mahasiswa dalam belajar Turunan Parsial. Mahasiswa diberi worksheet berisi masalah Turunan Parsial yang difokuskan pada representasi simbol sebagai metonymy dan metaphor. Hasil penyelesaian masalah pada worksheet dianalisis berdasarkan representasi simbol turunan parsial baik dari notasinya maupun makna dari notasi. Hasil yang diperoleh adalah bahwa mahasiswa Teknik Sipil kurang mampu dalam merepresentasikan simbol turunan parsial fungsi f terhadap x maupun y. Mahasiswa mampu menentukan selesaian akhir turunan parsial dengan benar, namun kurang baik dalam penandaan simbol turunan parsial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aguilar, F. J., dkk. 2014. Mathematical Symbol Hypotesis Recognition with Rejection Option. 14th Internationa Conference on Frontiers in Handwriting Recognition.

Astuti, E. P. 2017. Represntasi Matematis Mahasiswa Calon Guru dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Tadris Matematika, 10 (1), 70-82. Mandasari, N. 2018. Elaborasi Kognitif dalam Proses Abstraksi Konsep Matematika. Makalah disajikan pada Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang, Palembang, tanggal 5 Mei.

Creswell, John. 2015. Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Hutagaol, K. 2013. Pembelajaran Kontekstual untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung INFINITY, 2 (1), 85-99.

Jitendra, A. K., dkk. 2016. Is Mathematical Representation of Problems an Evidence-Based Strategy for Students with Mathematics Difficulties?. Sage Journal, 83 (1), 8-25.

Leibovich, T. & Ansari, D. 2016. The Symbol-Grounding Problem in Numerical Cognition: A Review of Theory, Evidence, and Outstanding Questions. Canadian Journal of Experimental Psychology, 70 (1), 12-23.

Lestari, K. E. & Yudhanegara, M. R. 2017. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri Transformasi Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Menengah. Jurnal Matematika Integratif, 13 (1), 29-34.

Malviya, S. 2019. Symbol as Metonymy and Metaphor: A Sociological Perspective on Mathematical Symbolism. Science, Technology, & Society, 24 (1), 53-72.

Mandasari, N. 2018. Elaborasi Kognitif dalam Proses Abstraksi Konsep Matematika. Makalah disajikan pada Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang, Palembang, tanggal 5 Mei.

Downloads

Published

11/29/2019

How to Cite

Zukhrufurrohmah, Z., & Putri, O. R. U. (2019). REKOGNISI DALAM MEREPRESENTASIKAN SIMBOL TURUNAN PARSIAL SEBAGAI METONYMY DAN METAPHOR. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(2), 214–226. https://doi.org/10.22219/jinop.v5i2.9659