Pengaruh Kinerja Kepala Sekolah Dan Iklim Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Negeri Kota Malang

Authors

  • Putra Prisma Lestari Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Nurul Zuriah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jkpp.v6i1.11523

Abstract

Abstract: The quality of education in schools and the quality of student learning are largely determined by the performance of teachers in the learning process. Based on the description, the purpose of this study is to find out 1) the performance of the principal has a significant influence on teacher performance. 2) the teacher's work climate has a significant influence on teacher performance. 3) the principal's performance and the teacher's work climate have a significant influence jointly on teacher performance. This research is a correlational study, which is a study that analyzes the relationship between variables, using a quantitative approach. In accordance with the problem, this research design is a survey research design. The results of this study indicate that 1) the principal's performance has a significant influence on teacher performance. 2) the teacher's work climate has a significant influence on teacher performance. and 3) the principal's performance and the teacher's work climate both individually and together have an influence which is significant to teacher performance.

Keywords: Principal Performance, Teacher Work Climate, Teacher Performance

 

Abstrak: Kualitas pendidikan di sekolah dan kualitas belajar siswa sangat ditentukan oleh kinerja guru dalam proses pembelajaran. Berdasarkan uraian tersebut, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) kinerja kepala sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. 2) iklim kerja guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. 3) kinerja kepala sekolah dan iklim kerja guru memiliki pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Penelitian ini adalah penelitian korelasional, yaitu penelitian yang menganalisa hubungan antar variabel, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sesuai dengan permasalahannya rancangan penelitian ini adalah rancangan penelitian survei. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kinerja kepala sekolah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru, 2) iklim kerja guru memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru, dan 3) kinerja kepala sekolah dan iklim kerja guru baik secara individual maupun bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru.

Kata kunci: Kinerja Kepala Sekolah, Iklim Kerja Guru, Kinerja Guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aguswara dan Rachmadtullah. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi dengan Kinerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 369–387.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara.

Budiwibowo, S. (2014). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transaksional,Transformational Dan Disiplin Kerja Terhadap KinerjaGuru (Karyawan) Di Kota Madiun. Premiere Educandum, 2, 229–245.

Carudin. (2011). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Kerja Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Edisi Khusus, 2, 229–245.

David A. Squires., William G. Huitt., J. K. (1983). Effective Schools and Classroom: a research-based perspektive. Washington: ASCD.

Dewi, T. A. (2015). Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sma Se-Kota Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Um Metro, 3(1), 24–35.

Djam’an Satori, D. (2007). Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Efa. (2015). The Effect of Work Culture Pedagogic Competence and Work Commitment Toward Task Performance Teacher Vocational High School Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Educational Management, 7(1), 1177–1186.

Eros, E. (2014). Pengaruh Motivasi dan Kedisiplinan Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri Kalimantan Brebes Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Jurnal Administrasi Publik Dan Birokrasi, 1(1).

Fakry, M. G. (2006). Sistem Informasi Manajemen Nasional Guru. Bandung: UPI.

Fasli Jalal, & D. S. (2002). Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakart: Adi Cita Karya Nusa.

Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hafidulloh, B. & S. (2017). Effect of Transformational Leadership, Incentive Giving, Professional Development of Work Discipline and Teacher Performance SMK Ma’arif Surabaya Indonesia. The International Journal of Business & Management, 5(7), 76–84.

Hasanah, D. S. (2010). Pengaruh Pendidikan Latihan (Diklat) Kepemimpinan Guru dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Se Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), 85–96.

Idris, J. (2005). Analisis Kritis Mutu Pendidikan. Banda Aceh: Taufiqiah Sa’adah.

Kardiyem. (2013). Analisis Kinerja Guru Pascasertifikasi. Journal of Economic Education, 2(1), 18–23.

Kosim, M. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru untuk Mewujudkan Mutu Pembelajaran. Junrnal Khazanah Akademia, 1(1), 30–38.

Librawati, Yudana, Md. & Sunu, I. . (2013). Analisis Pengaruh Sikap Profesional, Iklim Kerja Sekolah, dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Di Kecamatan Sukawati. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1–12.

Mulyani, A. (2012). Pengaruh Kinerja Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Mutu Pembelajaran Pada SMK Se-Kabupaten Purwakarta. Jurnal Administrasi Pendidikan, 14(1), 86–92.

Munawaroh. (2011). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ekonomi Bisnis, 16(2).

Murphy dan Cleveland. (1991). The Measurement of Work Performance: Methods, Theory, and Application. San Diego: Academic Press Inc.

Nuchiyah, N. (2007). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(7), 1–4.

Pujiyanti dan Isroh. (2013). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri 1 Ciamis. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2(1), 184–207.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Sekretariat Negara. https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004

Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Sekretariat Negara.

Setiyati, S. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(2), 200–207.

Singarimbun dan Effendi. (1995). Metode Penelitian Survey. Jakarta: PT Pustaka LP3ES.

Siska, A. J. (2017). Pengaruh Disiplin dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru pada SMAN 1 Canduang Kabupaten Agam. Jurnal Sosial Dan Ilmu Ekonomi, 1(2), 1–10.

Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Pendekatan Kualitatif dan R&D.

Sulistuya, M. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(2), 105–112.

Supriyadi, D. (1999). Mengangkat Citra Dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adi Cita Karya Nusa.

Susanto, H. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 197–212.

Sutarsanah, T. (2011). Pengaruh Iklim Kerja Sekolah dan Kinerja Mengajar Guru terhadap Mutu Belajar Siswa. Manajerial, 10(19), 92–100.

Suwarni. (2011). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Ekonomi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 18(1), 206–214.

Uyanto, S. S. (2009). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zubaidah, R. A. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru terhadap Motivasi Kerja Guru serta Implikasinya pada Kinerja Guru Di SMP Negeri Kota Palembang. Jurnal Ecoment Global, 1(2), 8–20.

Downloads

Published

2018-01-29

How to Cite

Lestari, P. P., & Zuriah, N. (2018). Pengaruh Kinerja Kepala Sekolah Dan Iklim Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Negeri Kota Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 10–21. https://doi.org/10.22219/jkpp.v6i1.11523

Issue

Section

Artikel