Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Di SDN Bandungrejosari 1 Malang
DOI:
https://doi.org/10.22219/jkpp.v6i1.11524Abstract
Abstract: The aims this study is 1) to describe the strategy of implementing character education through school culture at SDN Bandungrejosari 1 Malang; 2) describe the factors that become problems in the implementation of character education through school culture at SDN Bandungrejosari 1 Malang, and 3) describe the school's strategy in overcoming the problem factors in implementing character education through school culture at SDN Bandungrejosari 1 Malang. The method used is qualitative with a descriptive approach. This research was conducted at SDN Bandungrejosari 1, Jl. S. Supriyadi 179, Ex. Bandungrejosari, Kec. Breadfruit, Malang. Data collection techniques are used through observation, interviews, and documentation to the vice-principal, curriculum and teacher classes. Data analysis techniques with data reduction, data presentation, and conclusion making. Testing the validity of the data through a credibility test carried out by extending observations or observations, conducting interviews, and documenting the same informant. The results showed that 1) the implementation of character education through school culture has been implemented well through routine and programmed activities, spontaneous activities, modeling or exemplary activities, and extracurricular activities by developing five values namely religious, nationalist, integrity, independent, cooperation; 2) the existing problems, namely from the students themselves, parents who misinterpreted the teacher's explanation, the situation and condition of the student's character at home and school, and 3) the strategy undertaken was to coordinate with parents and make special notes to improve student character.
Keywords: School Culture, Implementation, Character Buliding
Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan strategi implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SDN Bandungrejosari 1 Malang; 2) mendeskripsikan faktor yang menjadi permasalahan dalam implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SDN Bandungrejosari 1 Malang; dan 3) mendeskripsikan strategi sekolah dalam mengatasi faktor permasalahan dalam implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SDN Bandungrejosari 1 Malang. Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bandungrejosari 1, jln. S. Supriyadi 179, Kel. Bandungrejosari, Kec. Sukun, Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada wakil kepala sekolah, kaur kurikulum dan guru. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Pengujian keabsahan data melalui uji kredibilitas yang dilakukan dengan perpanjangan pengamatan atau observasi, melakukan wawancara, dan dokumentasi kepada informan yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah telah dilaksanakan dengan baik melalui kegiatan rutin dan terprogram, kegiatan spontan, kegiatan pemodelan atau keteladanan, dan kegiatan ekstrakurikuler dengan mengembangkan lima nilai yaitu nilai religius, nasionalis, integritas, mandiri, gotong royong;2) permasalahan yang ada yaitu dari siswa sendiri, orang tua yang salah tafsir terhadap penjelasan guru, situasi dan kondisi karakter siswa di rumah dan sekolah, dan 3) strategi yang dilakukanyaitu melakukan kordinasi dengan orang tua dan membuat catatan khusus perbaikan karakter siswa.
Kata kunci: Budaya Sekolah, Implementasi, Pendidikan KarakteDownloads
References
Afandi, R.(2011). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogia. Vol. 1, No. 1, Hal. 85-98.
Arifin. A.H. (2012). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Praksis Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. Vol 1, No 1, Juni 2012.
Aqib, H.Z&Amrullah, A. (2017). Pedoman Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Gava Media.
Dasim, B. Wuri, W. Bunyamin, M. Sapriya. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan. Thn XXXIII, No 2, Juni 2014.
Hadi, N. F. (2016). Kulturasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah. Fitrah. Vol 02, No 1, Januari-Juni 2016.
Hakim, L. (2016). Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai Dengan Amanat Undang-undang Nomor 20 Tahun 2002 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Edu Tech, vol 2, no 1, Maret 2016.
Hijrat, K. (2017). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah di SD Negeri 3 Lamahala, Kab. Flores Timur. Tesis S-2 Magister Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang, April, 2017.
Idi. (2013). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 16 edisi khusus III Oktober 2010.
Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Pedoman Sekolah.
Komalasari, K&Saripudin, D. (2017). Pendidikan Karakter. Konsep dan Aplikasi Living Values Education. Bandung: Refika Aditama
Satori&Komariah. (2009). Metodologi Penelitian Kulitatif. Bandung: Alfabeta.
Maunah, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, Thn V, No 1, April 2015.
Setiyati, S. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol 22, No 2, Oktober 2014.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukanti&Lestari, P. (2016). Membangung Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler, Ekstrakurikuler, dan Hidden Curriculum (di SD Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta). Jurnal Penelitian, Vol. 10, No. 1, Februari 2016.
Sukadari, Suyata, Shodiq A. Kuntoro. (2015). Penelitian Etnografi Tentang Budaya Sekolah Dalam Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Pembangunan pendidikan: Fondasi dan Aplikasi Vol 3, No 1, Juni 2015 (58-68).
Sukmadinata. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Supraptiningrum&Agustini. (2015). Membangun Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol. 5, No. 2, Okt 2015. Hal. 219-228.
Sriwilujeng, D. (2017). Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlangga.
Tatang. (2012). Ilmu Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
It is a condition of publication that authors assign copright or license the publication rights in their articles to journal of Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Authors are themselves responsible for obtaining permission to reproduce copyright material from other source
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.