Implementasi Kebijakan Sekolah Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Siswa Di MTs Muhammadiyah 1 Tlogomas Kota Malang

Authors

  • Jaleha Jaleha Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Yuni Pantiwati Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jkpp.v6i1.11530

Abstract

Abstract: The research aims to describe: 1) implementation of school policy in applying character education; 2) supporting and inhibiting factors; 3) efforts made to overcome the obstacles in applying character education students in MTs Muhammadiyah I Tlogomas Malang. This research uses a qualitative descriptive method with qualitative approach. The results showed that: 1) Implementation of policies in applying character education students (a) planning, (b) implementation, (c) the evaluation of the strengthening of character education has been done well seen from the implementation of the students' character values. However, not fully maximal still requires strengthening character education further. 2) Supporting factors and impediments in applying character education (a) Less optimal teacher control over extracurricular activities of students (b) Strengthening character education (PPK) teachers BK, Talib has not made accurate bookkeeping related to violations of students (c) The existence of miscommunication between parents and teachers in instilling the values of character to learners. 3) Efforts made by the school to overcome the inhibiting factors in applying character education students are (a) School parties make evaluation studies every 6 months, 1 year (b) Strengthening character education through extracurricular activities c) teachers trying to become role models for students such as (praying congregation, keeping the school environment clean, polite).

Keywords: Policy, Implementation, Character

 

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) implementasi kebijakan sekolah dalam menerapkan pendidikan karakter; 2) faktor pendukung dan penghambat; 3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat dalam menerapkan pendidikan karakter siswa di MTs Muhammadiyah I Tlogomas Kota Malang. Penelitian ini mengunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa:1) Implementasi kebijakan dalam menerapkan pendidikan karakter siswa (a) perencanana, (b) pelaksanaan, (c) evaluasi penguatan pendidikan karakter sudah terlaksana dengan baik dilihat dari pengimplementasian nilai-nilai karakter yang dilakukan siswa. Namun, belum sepenuhnya maksimal masih membutuhkan penguatan pendidikan karakter lebih lanjut. 2) Faktor  pendukung dan penghambat dalam menerapkan pendidikan karakter (a) Kurang optimal pengontrolan guru terhadap kegiatan ekstrakurikuler siswa (b) Penguatan pendidikan karakter (PPK) guru BK, Tatib belum membuat pembukuan yang akurat terkait pelanggaran-pelanggaran siswa (c) Adanya miskomunikasianatara orang tua dan guru dalam menanamkan nilai-nilai karaSkter terhadap peserta didik.3) Upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk mengatasi faktor penghambat dalam menerapkan pendidikan karakter siswa yaitu: (a) Pihak sekolah membuat kajian evaluasi setiap 6 bulan, 1 tahun sekali (b) Penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler c) guru berusaha menjadi role model bagi siswa seperti (sholatberjama’ah, menjaga kebersihan lingkungan sekolah, sopan santun).

Kata kunci: Kebijakan, Implementasi, Karakter

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acetylena, S. (2013). Analisis Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter Di Perguruan Taman Siswa Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 56–61.

Afandi, R. (2011). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i1.32

Imron, A. (2012). Manajemen Peserta Didik Berbasis sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Koesoema. (2009). Pendidikan Karakter. jakarta: grasindo.

Lickona. (2013). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.

Majid, & Andayani. (2012). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005. In Ringkasan Eksekutif Hasil Survei BNN Tahun 2016 (Vol. 1). https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Marzuki. (2013). Revitalisasi Pendidikan Agama di Sekolah dalam Pembangunan Karakter Bangsa di Masa Depan. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(3), 64–76.

Miles, M.B, & Huberman, A. . (2009). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi R. Jakarta: Universitas Indonesia.

Mulyatiningsih. (2010). Analisis Model-model Pendidikan Karakter Untuk Usia Anak-Anak, Remaja Dan Dewasa. Yogyakarta: FT UNY.

Rawita, I. S. (2010). Kebijakan Pendidikan Teori, Implementasi dan Monev. Yogyakarta: PT. Kurnia Alam Semesta.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesai Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Yanto. (2012). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal: Pendidikan Anak, 1(1).

Downloads

Published

2018-01-29

How to Cite

Jaleha, J., & Pantiwati, Y. (2018). Implementasi Kebijakan Sekolah Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Siswa Di MTs Muhammadiyah 1 Tlogomas Kota Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 101–111. https://doi.org/10.22219/jkpp.v6i1.11530

Issue

Section

Artikel