Hubungan Perpsepsi Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Widyaiswara PPPPTK BOE Malang
DOI:
https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i2.11561Abstract
Abstract: The purpose of this study is to analyze the relationship between organizational culture perceptions and work motivation on Widyaiswara's performance at the Center for Development and Empowerment of Educators and Educational Personnel in the Field of Automotive and Electronics Malang. This research uses descriptive quantitative correlational research approach. The population in this study were 119 people. Sampling was used cluster random sampling. Data collection techniques using a scale method by distributing questionnaires to respondents. Data analysis was carried out using descriptive analysis and Double Correlation analysis using the SPSS for Windows 17.0 program. The results of the analysis show the magnitude of the variable coefficient of organizational culture perception by 0.332, the coefficient of the variable work motivation by 0.719, the coefficient of multiple correlations (R) of 0.692. While the predictive power of the regression model (R-square) formed in this test is 0.479. These results indicate that the perception of organizational culture and work motivation have contributed to the widyaiswara performance by 47.9%, while the remaining 52.1% is influenced by other variables outside the model.
Keywords: Perception of organizational culture, work motivation, Widyaiswara performance
Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis hubungan persepsi budaya organisasi dan motivasi kerja terhadap kinerja Widyaiswara di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Otomotif dan Elektronika Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif korelasional pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 119 orang. Pengambilan sampel digunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode skala dengan cara membagikan angket kepada responden. Analisis data dilaksanakanmenggunakan analisis deskriptif dan analisis Korelasi Gandamenggunakan program SPSS for Windows 17.0. Hasil analisis menunjukkan besarnya koefisien variabel persepsi budaya organisasi sebesar 0.332, koefisien variabel motivasi kerja sebesar 0.719, koefisien korelasi berganda (R) sebesar 0.692. Sedangkan daya prediksi dari model regresi (R-square) yang dibentuk dalam pengujian ini sebesar 0.479. Hasil ini mengindikasikan bahwa persepsi budaya organisasi dan motivasi kerja mempunyai kontribusi terhadap kinerja widyaiswarasebesar 47.9%, sedangkan sisanya 52.1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.
Kata kunci: Persepsi budaya organisasi, Motivasi kerja, Kinerja Widyaiswar
Downloads
References
Ekaningsih. (2012). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Dengan Persepsi Lingkungan Kerja Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Pada Satuan Polisi Pamong Praja Kota Surakarta). Jurnal Socio Scientia, 4(1).
Hasibuan. (2007). Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Jumtra, I. Wayan, I. Made Yudana, dan I. N. N. (2014). Kontribusi Kedisiplinan, Motivasi Kerja, dan Kelengkapan Perangkat Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru Smp Negeri 3 Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 5(1).
Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia nomer 22 tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Widyaiswara Dan Angka Kreditnya. , (2014).
Koesmono. (2005). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Motivasi DanKepuasan Kerja Serta Kinerja Karyawan Pada Sub SektorIndustri Pengolahan Kayu Skala MenengahDi Jawa Timur. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 7(2), 171–188.
Mangkunegara, A. A. (2014). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT Refika Aditama.
Novitasari, Atik, Agus Wahyudin, dan R. S. (2012). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja, Pendidikan, dan Pelatihan terhadap Kinerja Guru. Economic Education Analysis Journal, 1(2).
Nurjanah. (2008). Pengaruh gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap komitmenorganisasi dalam meningkatkankinerja karyawanstudi pada biro lingkup departemen pertanian. Universitas Diponegoro.
Poespowardojo, S. (1993). Strategi Kebudayaan Suatu Pendekatan Filosofis. Jakarta: Gramedia.
Purwanto, M. N. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahardja, A. T. (2004). Hubungan Antara Komunikasi antar Pribadi Guru dan Motivasi Kerja Guru dengan Kinerja Guru SMUK BPK Penabur Jakarta. Jurnal Pendidikan Penabur, (3).
Republik Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sambasivan, Md Zabid Abdul Rashid Murali, dan J. J. (2003). The Influence of Corporate Culture and Organizational Commitment on Performance. Journal of Management Development, 22(8).
Schein, E. H. (2009). Organizational Culture and Leadership: Dynamic View. San Fransisco: Jossey-Bass Publisher.
Siagian, S. P. (2006). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sulistyaningsih, Ambar Sari Dewi, dan Y. T. W. (2012). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Sosiologi Reflektif, 6(2), 90–101.
Supriyanto. (2015). Pengaruh Budayakerjadan Gaya Kepemimpinan Demokratis terhadap Kinerja Widyaiswara. Malang.
Supriyanto dan Sukir. (2007). Pengaruh Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Sumberdaya Manusia, 2(1), 23–34.
Uha, I. N. (2013). Budaya Organisasi Kepemimpinan dan Kinerja. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Zainal, Veitthzal Rivai, Hadad, Muliaman Darmansyah, dan R. M. (2014). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.Published
How to Cite
Issue
Section
License
It is a condition of publication that authors assign copright or license the publication rights in their articles to journal of Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Authors are themselves responsible for obtaining permission to reproduce copyright material from other source
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.