Analisis Strategi Kebijakan Sistem Informasi Pelayanan Akademik Berbasis Teknologi Informasi Di IKIP Muhammadiyah Maumere

Authors

  • Anisa Fitri Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Moh. Mahfud Effendy Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i2.11565

Abstract

Abstract: This research aims to analyze information technology policy strategies based on Information Technology academic services at IKIP Muhammadiyah Maumere. The method used in this research is descriptive qualitative. The subjects in this study were 2 campus staff, 2 BAAK staff, 2 study program leaders and the vice-chancellor. Data collection techniques using in-depth interviews, observation, and study of documents. The results showed that the Head of BAAK as a service leader at IKIP Muhammadiyah Maumere started from the first planning in the academic service information system policy in the process. Second, the implementation of an academic service information system policy strategy made. Third, service evaluation is carried out among others by carrying out services in the room. Evaluation activities that have many roles, namely BAAK staff, then the results of the evaluation will be followed up. Supporting and inhibiting factors in the application of information systems for academic services is the availability of inadequate infrastructure inadequate human resources lack consistency between planning and implementation delays to produce a low output. The results that will be achieved in the application of academic service information system policies, namely the head of BAAK strive and make every effort to build infrastructure and human resources, the quality and quantity can be improved. The Head of BAAK also developed staff expertise so that the quality of outputs could be improved.

Keywords: Information Systems, Academic Services, Information Technology

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kebijakan sistem informasi pelayanan akademik berbasis Teknologi Informasi di IKIP Muhammadiyah Maumere. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang staf kampus, 2 orang staf BAAK, 2 orang ketua Prodi dan wakil rektor. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala BAAK sebagai pemimpin pelayanan di IKIP Muhammadiyah Maumere mulai dari pertama perencanaan yang dimiliki dalam kebijakan sistem informasi pelayanan akademik dalam proses. Kedua, pelaksanaan strategi kebijakan sistem informasi pelayanan akademik yang dibuat. Ketiga, evaluasi pelayanan antara lain dilakukan dengan cara ikut melakukan pelayanan di ruangan. Kegiatan evaluasi yang banyak berperan yaitu staf BAAK kemudian hasil dari evaluasi akan ditindak lanjut. Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan kebijakan sistem informasi pelayanan akademik yaitu ketersediaan sarana prasarana yang belum memadai sumber daya manusia yang belum memadai kurang konsisten antara perencanaan dan pelaksanaan keterlambatan sehingga menghasilkan output yang rendah. Hasil yang akan dicapai dalam penerapan kebijakan sistem informasi pelayanan akademik yaitu kepala BAAK berusaha dan berupaya semaksimal mungkin dalam membangun sarana prasarana dan sumber daya manusia, dapat ditingkatkan kualitas dan kuantitas. Kepala BAAK juga mengembangkan keahlian staf agar mutu output dapat ditingkatkan

Kata kunci: Sistem InformasiPelayanan Akademik, Teknologi Informasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Nur., dan Ainaini, Maksum. (2006)Analisis Kualitas Pelayanan Pada Pasien Puskemas di Surakarta, Empiika, Jurnal: Jurnal Penelitian Ekonomi, Bisnis dan Pembangunan, Vol. 19 No. 2.

Effendy, OnongUchjana. (1989). Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Mandar maju.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (1995). Jakarta: Balai Pustaka.

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara. (1993). Keputusan MenPAN Nomor 81 tahun 1993 tentang Pedoman Tata Laksana Layanan Umum

Miles, M.B & Huberman A.M. (1984). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh TjetjepRohendiRohidi. 1992. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Murdick, R.G, and Ross, JE, Clagger, JR. (1996). Sistem Informasi Untuk Manajemen Modern Edisi Ketiga. Diterjemahkan oleh Djamil Jakarta: Penerbit Erlangga.

Nawawi, Hadari., dan Martin.(2007).Ilmu Administrasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Published

2020-03-18

How to Cite

Fitri, A., & Effendy, M. M. (2020). Analisis Strategi Kebijakan Sistem Informasi Pelayanan Akademik Berbasis Teknologi Informasi Di IKIP Muhammadiyah Maumere. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i2.11565

Issue

Section

Artikel