Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah Di SMA Bhaktyasra Maumere

Authors

  • Stephanus Petrus Heret Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Trisakti Handayani Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jkpp.v4i1.11571

Abstract

Abstract: This research aims to analyze the implementation of school culture-based character education in SMA BhaktyasraMaumere. This research is a descriptive study that used a qualitative approach. The research subjects were the principal, vice-principal, teacher, and students. The selection of research subjects using purposive. Data collection techniques using interviews. Data analysis using the Miles and Huberman analysis model. Data obtained through interviews, observations and documentation studies. Data validity testing techniques through triangulation. The results of this study indicate that school culture is a model for implementing character education in schools. The activities of the implementation of character values through habituation, role models, education and learning, structured assistance, various writings, and guidebooks. Character values include 5 basic foundations, namely: Discipline, responsibility, cooperation, honesty, and manners, which are internalized in 18 national character values.

Keywords: Analisis, Pendidikan Karakter, Budaya Sekolah

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendidikan karakter berbasis budaya sekolah di SMA BhaktyasraMaumere. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakasek, guru, dan siswa. Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Analisis data yang menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Data dipeoleh melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik pengujian keabsahan data melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah menjadi model dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di sekolah. Adapun kegiatan implementasi nilai karakter melalui pembiasaan, keteladanan, pendidikan dan pembelajaran, Pendampingan secara terstruktur, berbagai tulisan, dan buku panduan. Nilai-nilai karakter meliputi 5 nilai dasar yayasan yakni: Disiplin, tanggung jawab, kerja sama, jujur, dan sopan santun, yang terinternalisai dalam 18 nilai karakter bangsa. 

Kata kunci: Analisis, Pendidikan Karakter, Budaya Sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Jefri Marzal, dan R. (2013). ngembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android untuk Menumbuhkan Motivasi belajar Anak Disleksia pada Materi Eksponensial di Kota Jambi. Edumatica, 4(2), 66–76.

Bukhori, I. (2010). Proses Pendidikan Akhlak Mulia Melalui Pembiasaan Di Sekolah”, Madrasah Tsanawiyah Negeri. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/2522/1/fkip201015.pdf

Darmiyati Zuchdi, D. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Daulay, H. P. (2007). Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Depdiknas. (2009). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Hidayat, S. (2013). Pengaruh Kerjasama Orang Tua Dan Guru Terhadap Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri Kecamatan Jagakarsa. Jurnal Ilmiah Widya, 92–95.

Indriyani, S. (2015). Pengaruh Pelatihan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Produktifitas Kerja Karyawan Pada PT. Pardise Island Furniture. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/29859/1/SafitriIndriyani_10408144039.pdf.

Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9).

Kusumastuti Sari, D. (2007). Pengaruh Board Diversity Terhadap Nilai Perusahaan dalam Perspektif Corporate Governance. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 9(2), 88–98.

Maulana, H. (2016). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Sekolah Alam. Jurnal Khasanah Ilmu, 7(1).

Miles B. Mathew & Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Muchlas, M. (2012). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Oktarina, Y. (2009). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Novel“Laskar Pelangi” Karya Andrea Hirata. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Peterson, K. D. & T. E. D. (2009). The Shaping School Culture Field Book (2nd ed.). San Francisco: Jossey-Bass.

Putri, A. N. (2011). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Sosiologi. Internasional Jurnal Of Society and Culture, 3(2).

S. Mariani, Wardono, & E. D. K. (2014). The Efectiveness of Learning by PBL Assisted Mathematics Pop UpBook Againts The Spatial Ability in Grade VIII on Geometry Subject Matter. International Journal of Education and Research, 2(8), 531–548.

UU No 20. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Published

2020-03-18

How to Cite

Heret, S. P., & Handayani, T. (2020). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah Di SMA Bhaktyasra Maumere. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.22219/jkpp.v4i1.11571

Issue

Section

Artikel