Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Ekstrakurikuler Paduan Suara Di SMA Negeri 1 Nita
DOI:
https://doi.org/10.22219/jkpp.v4i1.11574Abstract
Abstract: This study aims to describe the efforts to improve student discipline through choir extracurricular activities at SMA Nita 1. This research uses a descriptive qualitative approach. This research was carried out in SMA Nita 1. Primary data sources in this study are the principal, vice-principals in the field of students and students, counseling guidance teachers, teacher choir extra coaches, students, school committees. Secondary data sources were obtained from documents in the form of school profiles, school vision and mission documents, teacher data documents, choir extracurricular program activities documents. Data collection through observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques using an interactive model that is data reduction, data presentation, and data verification. Data validity techniques through source triangulation. The results showed that efforts to improve student discipline through choir extracurricular activities in SMA Nita 1 were applied in habituation, role models, awareness, and supervision. Supporting factors to improve student discipline through choir extracurricular activities at SMA Nita 1 include school policies, cooperation between coaches, parents and also community leaders. the inhibiting factors are students, extra coaches, education personnel, facilities and infrastructure, parents, weather, distance from home school.
Keywords: Discipline, Character Education, Extracurricular, Choir
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan kedisiplinan siswa melaui kegiatan ekstrakurikuler paduan suara di SMA Negeri 1 Nita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Nita. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang dan kesiswaan, guru bimbingan konseling, guru pembina ekstra paduan suara, siswa, komite sekolah. Sumber data sekunder diperoleh dari dokumen berupa profil sekolah, dokumen visi dan misi sekolah, dokumen data guru, dokumen program kegiatan ekstrakurikuler Paduan Suara. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Teknik keabsahan data melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya meningkatkan kedisiplinan siswa melaui kegiatan ekstrakurikuler paduan suara di SMA Negeri 1 Nita diterapkan dalam kegiatan pembiasaan, teladan, penyadaran, pengawasan. Faktor pendukung dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa melalui ekstrakurikuler paduan suara di SMA Negeri 1 Nita meliputi kebijakan sekolah, kerja sama antara guru Pembina, orang tua dan juga tokoh masyarakat. faktor penghambatnya adalah siswa, Pembina ekstra, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, orang tua, cuaca, jarak dari rumah kesekolah.
Kata kunci: Disiplin, Pendidikan Karakte, Ekstrakurikuler, Paduan suara
Downloads
References
Apriyanti. (2012). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Sekolah Dengan Menggunakan Reinforcement Positif Pada Siswa Kelas II SD Negeri 2 Margomulyo, Tahun Ajaran 2011/2013. Jurnal Universitas Lampung.
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara.
Faturahman. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Pembentukan Kepribadian Remaja. Jurnal Psikologi.
Herini. (2010). Meningkatkan Hasil Belajar Menyanyi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kudus Melalui Metode Ear Training. Universitas Negeri Semarang.
Hoy, K.H., & Miskel, C. . (2013). Educational Administration Theory, Research, and Practice (9th ed.). McGraw-Hill Companies.
Imron, A. (2012). Manajemen Peserta Didik Berbasis sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
J. M. Asmani. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press.
Kusuma. (2007). Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Gasindo.
Menteri Pendidikan Nasional. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan. , Pub. L. No. Nomor 39 (2008).
Minarti. (2011). Manajemen Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Munir. (2008). Pendidikan Karakter Membangun Karakter Anak Sejak Dari Rumah. Yogyakarta: Pedagogia.
Naim, N. (2012). Caracter Building. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Oktara. (2011). Jago Teknik Vokal. Jakarta: Gramedia.
Rukiyati. (2013). Urgensi Pendidikan Karakter Holistik Komprehensif di Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2), 196–203.
Sanjaya. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Schaefer, C. (2010). Cara Efektif Mendisiplinkan Anak. Jakarta: Mitra Utama.
Setiawan, A. (2013). Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kanjuruhan Malang. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(4).
Sriyati, S. Rustaman, N. & Zainul, A. (2010). Kontribusi Asesmen Formatif terhadap Habits of Mind Mahasiswa Biologi. Jurnal Pengajaran MIPA, 15(2), 77–86.
Sudrajat, A. (2011). Pendikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).
UU No 20. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Yusuf, S. (2010). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter, Konsep dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.Published
How to Cite
Issue
Section
License
It is a condition of publication that authors assign copright or license the publication rights in their articles to journal of Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Authors are themselves responsible for obtaining permission to reproduce copyright material from other source
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.