Implementasi Kebijakan Majelis Dikdasmen Terhadap Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Ismu Di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo

Authors

  • Bahrul Huda Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Mohammad Syahri Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Mochammad Agus Krisno Budiyanto Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jkpp.v4i1.11576

Abstract

Abstract: This study aims to determine the implementation of the Primary and Secondary Education Policy (Dikdasmen) of the East Java Muhammadiyah Regional Leadership on Scientific Approaches to Improve Learning Outcomes of Al-Islam and Kemuhammadiyahan in students. The approach used in this research is a qualitative approach with the research method is a phenomenological qualitative method with data collection techniques through observation, in-depth interviews, and documentation. Sources of data in this study were obtained through basic sources such as observations and interviews with teachers. Secondary data in the form of curriculum documents, syllabus, lesson plans, photos of activities, school statistics and so on relating to research problems. The data validity test used in this study is the source triangulation technique. The results of the study showed that in implementing the policy of the Dikdasmen Council for Regional Leadership of Muhammadiyah in East Java on a scientific approach using communication in implementing a scientific approach to the learning of Al-Islam and Kemuhammadiyahan, it was delivered through two circular letters, workshops and training. The resources used in implementing the Basic and Secondary Education Council Policy of the East Java Muhammadiyah on a scientific approach are human resources or facilities and infrastructure, the disposition is the transfer of authority and bureaucratic structure.

Keywords: Scientific Approach, Basic Education Policy, Al Islam-Kemuhammadiyahan


Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi Kebaijakan Mejelis Pendidikan dasar dan menengah (Dikdasmen) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah JawaTimur Terhadap Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan pada siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode penelitiannya adalah metode kualitatif fenomenologi dengan teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui sumber-sumber pokok seperti hasil observasi dan hasil wawancara terhadap guru. Data sekunder berupa dokumen kurikulum, silabus, RPP, foto kegiatan, data statistik sekolah dan sebagainya yang berkaitan dengan masalah penelitian. Uji keabsahan data dalam penelitian ini yang digunakan yaitu teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengimplementasikan kebijakan Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur tentang pendekatan saintifik menggunakankomunikasi dalam implementasi kebijakan pendekatan saintifik pada pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan disampaikan melalui dua cara surat edaran, workshop dan pelatihan. Sumber daya yang digunakan dalam mengimplementasikan Kebijakan Majelis Pendidikan dasar dan menengah Muhammadiyah Jawa Timur tentang pendekatan saintifik adalah sumber daya manusia atau sarana dan prasarana, disposisi merupakan pengalihan kewenangan dan struktur birokrasi.


Kata kunci: Pendekatan Saintifik, Kebijakan Dikdasmen, Al Islam-Kemuhammadiyahan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, E. Z. (1987). Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Surat Dinan. Jakarta: Mediyatama Sarana Perkasa.

Indonesia, P. R. (2007). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor:55 Tahun 2007 Tentang: Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. Arsip Negara Republik Indonesia.

Mendikbud. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses. , (2013).

Miles B. Mathew & Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Mu’ti, A. (2015). Internasionalisasi Pendidikan Muhammadiyah: Majelis Dikdasmen Jatim. Olympiade and Conference.

Mulyasa, E. (2015). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, B. (1998). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah: Sebuah Pengantar Teoritis dan Pelaksanaan. Yogyakarta: BPFE.

Permendikbud. (2014). Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014.

Republik Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Rudi Kustijono, E. W. (2014). Pandangan Guru Terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Fisika SMK di Kota Surabaya. Jurnal Unesa, 4(1).

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru.

Sukendro. (2015). Telaah Kurikulum Pendidikan Jasmani di Indonesia. Retrieved from http.//www.online-journal.unja.ac.id

Supriyadi, D. (1999). Mengangkat Citra Dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adi Cita Karya Nusa.

Wahyu, A. (2014). Strategi Kebijakan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Pembinaan Profesionalisme Guru. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Published

2020-03-18

How to Cite

Huda, B., Syahri, M., & Budiyanto, M. A. K. (2020). Implementasi Kebijakan Majelis Dikdasmen Terhadap Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Ismu Di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.22219/jkpp.v4i1.11576

Issue

Section

Artikel