Analisis Kompetensi Pedagogik Tenaga Pendidik Dalam Proses Pembelajaran Di SD Inpres Kalabahi Tengah VI

Authors

  • Aksari Kiri Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Arif Budi Wurianto Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Sukarsono Sukarsono Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jkpp.v4i1.11577

Abstract

Abstract: This research aims to describe in depth how the pedagogical competence of teachers in planning, implementing and evaluating learning at SD InpresKalabahi Tengah IV in Alor Regency. The method used in this research is descriptive qualitative. Data sources used by researchers are information obtained through documents and records of interviews with informants. Informants in this study include the Principal, Vice Principal in the field of curriculum, Class Teachers, Subject Teachers. Data collection techniques in this study were interviews, observation, and documentation. Data analysis techniques using the techniques of Miles and Huberman (1984), data reduction, data presentation, and data analysis. The data validity test used is the source triangulation technique. The results of this study indicate that pedagogical competence in the dimensions of learning planning possessed by teachers at SD ImpresKalabahi Tengah VI is still lacking because most teachers do not understand and have not been able to make good learning plans specifically for preparing lesson plans (RPP) correctly. Some teachers still have not implemented the Learning Implementation Plan (RPP) correctly. even teachers rarely make lesson plans (lesson plans) by taking them from textbooks. Pedagogical competence in the dimensions of learning implementation possessed by the teachers of In Kalabahi Tengah VI Elementary School has not reflected professional teachers. Pedagogical competence in the evaluation dimensions of learning possessed by Middle Kalabahi Middle School Teachers VI is still not by the theory of learning evaluation implementation.

Keywords: Pedagogical Competence, Educators, Learning Implementation, Learning Evaluation

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran di SD InpresKalabahi Tengah IV di Kabupaten Alor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.  Sumber data yang digunakan oleh peneliti adalah informasi yang diperoleh melalui dokumen–dokumen dan catatan–catatan hasil wawancara dengan informan. Informan dalam penelitian ini meliputi Kepala Sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Guru Kelas, Guru mata pelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman (1984), reduksi data, penyajian data, dan analisis data. Uji keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik pada dimensi perencanaan pembelajaran yang dimiliki guru-guru SD ImpresKalabahi Tengah VI masih sangat kurang karena sebagian besar guru belum memahami dan belum mampu membuat perencanaan pembelajaran dengan baik khusus penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan benar. Sebagian guru masih belum menerapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan benar. bahkan guru jarang membuat Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan cara mengambil dari buku pelajaran. Kompetensi pedagogi pada dimensi pelaksanaan pembelajaran yang dimiliki guru Sekolah Dasar InpresKalabahi Tengah VI belum mencermin guru yang profesional. Kompetensi pedagogi pada dimensi evaluasi pembelajaran yang dimiliki guru Sekolah Dasar ImpresKalabahi Tengah VImasih belum sesuai dengan teori pelaksanaan evaluasi pembelajaran.

Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Tenaga Pendidik, Pelaksanaan pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, D. P. & D. (2011). The Smilling Teacher (perubahan motivasi dan sikap mengajar guru). Bandung: Nuansa Aulia.

Habibullah, A. (2012). Kompetensi Pedagogi Guru. Jurnal Edukasi, 10(3), 362–377.

Iskandar Agung, D. (2014). Mengembangkan Profesionalitas Guru. Upaya Meningkatkan Kompotensi dan Profesionalisme Guru. Jakarta: Bee Media Pustaka.

Kusnandar. (2008). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mcleod, R. (1990). Management Information Systems (4th ed.). Science research Associates.

Menteri pendidikan nasional republik indonesia. Peraturan menteri pendidikan nasional republik indonesia nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru. , kementerian pendidikan nasional republik indonesia § (2007).

Mulyasa, E. (2009). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nuryadin, U. H. dan. (2014). Strategi Kepemimpinan Pembelajaran Menyongsong Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(2).

Putri Balqis, Nasir Usman, S. I. (2014). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada SMPN 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi, 22–38.

Republik Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Selvi, K. (2010). Teacher’s competencies. Internatonal Journal of Philosophy of Culture and Axiology, 7(1), 167–175.

Suciau dan Liliana. (2011). Pedagogikal competences- the key to efficient education. International Online Journal of Educational Science, 3(2), 411–423.

Sudarwan dan Khairil. (2011). Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Yasin, A. (2011). Pengambangan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah. Jurnal El-QUDWAH, 1(5), 157–181.

Published

2020-03-18

How to Cite

Kiri, A., Wurianto, A. B., & Sukarsono, S. (2020). Analisis Kompetensi Pedagogik Tenaga Pendidik Dalam Proses Pembelajaran Di SD Inpres Kalabahi Tengah VI. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.22219/jkpp.v4i1.11577

Issue

Section

Artikel