Pengaruh Kebijakan Try Out Terhadap Prestasi Siswa Dalam Mata Pelajaran Kimia Kelas XII IPA Di SMAN 1 Talibura
DOI:
https://doi.org/10.22219/jkpp.v4i2.11580Abstract
Abstract: This study aims to analyze the effect of the tryout policy on student achievement in chemistry class XII Science at SMAN 1 Talibura. The data collection method uses a documentation study with a try out as an independent variable and national exam as the dependent variable. The population is Talibura State High School, students. The research sample included all students of class XII Science. Test the validity of the instrument using the Spearman-Brown formula and reliability using the Alpha formula from Cronbach, and fulfilling valid and reliable requirements. Hypothesis testing uses the formula of normality, linearity, simple linear regression, F test, and t-test. The results obtained a probability value of 0.016 ≤ 0.05 and the results of the analysis where the significance is constant 0,000 <0.05 and the significance of Try out are 0.033 <0.05 so it can be concluded that the tryout variable is significantly correlated with the national examination variable. Testing the effect of Try Out on chemistry learning outcomes obtained a constant T count of 6.351 and Try out 2.167 is greater than the T-table (1.9853) then H0 is rejected and H1 is accepted. While the value of F-count = 5.892 <F-table, then H0 is rejected and H1 is accepted. The ability of the Try Out variable in explaining the variance of the National Examination variable is 4.7% (R-Square) so it can be concluded that the influence of the Try Out variable on the National Examination variable is very small.
Keywords: Try Out, Student Achievement, Subject of Chemistry
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebijakan try out terhadap prestasi siswa dalam mata pelajaran kimia kelas XII IPA di SMAN 1 Talibura. Metode pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dengan try out sebagai variabel independen dan ujian nasional sebagai variabel dependen. Populasi adalah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Talibura. Sampel penelitian meliputi semua siswa kelas XII IPA. Uji instrument validitas menggunakan rumus Spearman Brown dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha dari Cronbach, dan memenuhi syarat valid dan reliabel. Uji hipotesis menggunakan rumus normalitas, linieritas, regresi linier sederhana, uji F, dan uji t. Hasil penelitian didapatkan nilai probabilitas sebesar 0,016 ≤ 0,05 dan pada hasil analisis dimana signifikansi constant 0,000 < 0,05 dan signifikansi Try out 0,033 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel try out berkorelasi signifikan terhadap variabel ujian nasional. Pengujian pengaruh Try Out terhadap hasil belajar kimia diperoleh T hitung constant 6,351 dan Try out 2,167 lebih besar dari T - table (1,9853) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sedangkan nilai F-hitung = 5,892 < F-tabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kemampuan variabel Try Out dalam menjelaskan varians dari variabel Ujian Nasional adalah sebesar 4,7 % (R-Square) sehingga dapat disimpulkan pengaruh variabel Try Out terhadap variabel Ujian Nasional sangat kecil.
Kata kunci: Try Out, Prestasi siswa, Mata Pelajaran KimiaDownloads
References
Budiman, A. (2013). Efisiensi Metode dan Media Pembelajaran dalam Membangun Karakter Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal At-Ta’dib, 8(1), 59–82.
Hidajati, N. (2014). Implementasi Kebijakan Kepmendiknas Nomor: 044/U/2002 tentang Peran dan Fungsi Komite Sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Gresik. 2(1).
Muqoyyanah, A. Rusilowati, S. (2010). Efektivitas Dan Efisiensi Model Pembelajaran Ipa Terpadu Tipe Integrated Dalam Pembelajaran Tema Cahaya. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 3, 44–47.
Nasirullah, M. (2013). Penetapan Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal dengan Teknik Delphi di SMA Negeri Kabupaten Pamekasan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1).
Sudarsono. (2015). Analisis Kebijakan Pemenuhan Beban Kerja Guru SMA Negeri di Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1).
UU No 20. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Yulia Elfiza, Rusman, M. N. (2016). Hubungan antara Hasil Uji Kognitif Try Out Ujian Nasional (UN) dengan Hasil Ujian Nasional (UN) Mata Pelajaran Kimia SMA Kota Banda Aceh Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 1(3), 35–42.
Zahroh, U. (2014). Pembelajaran Matematika Berasaskan Kooperatif dengan Strategi Penyelesaian Masalah Pemikiran Tingkat Tinggi terhadap Prestasi Belajar, Keterampilan Sosial dan Berpikir Kreatif ”. 2(2).Published
How to Cite
Issue
Section
License
It is a condition of publication that authors assign copright or license the publication rights in their articles to journal of Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Authors are themselves responsible for obtaining permission to reproduce copyright material from other source
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.