Analisis Kebijakan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Agama Islam Di MA AT-Taqwa Maumere

Authors

  • Abdullah Muis Kasim Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Trisakti Handayani Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jkpp.v5i1.11588

Abstract

Abstract: This research aims to (a) describe the implementation of character education-based Islamic religious values in MA At-Taqwa Maumere. (b) describe the factor endowments and a barrier to the implementation of education policy analysis the character-based values of Islam in MA At-Taqwa Maumere. (c) describe the solution character education-based Islamic religious values MA At-Taqwa Maumere. This research uses qualitative descriptive approach. Data collection procedure using the method of interview, observation, and document. The results of the study are as follows: (1) how can the implementation of character education in MA Islamic be basis At-Taqwa, aims to improve the quality and results of education in madrasah can formation character of learners. (2) factor endowments and a barrier to the implementation of character education-based Islamic religious values, find solutions in overcoming obstacles faced by learners. (3) the solution constraints the implementation of character education through activities fostering religion.

Keywords: Implementation, Character Education, Islamic Values

 

Abstrak: Penelitian ini bertujun (a) Mendeskripsikan Pelaksanaan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai agama Islam di MA At-Taqwa Maumere;(b) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan analisis kebijakan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai agama Islam di MA At-Taqwa Maumere; (c) Mendeskripsikan solusi mengatasi pendidikan karakter berbasis nilai- nilai agama Islam MA At-Taqwa Maumere. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumen.Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Bagaiman pelaksanaan pendidikan karakter berbasisi agama Islam di MA At-Taqwa, bertujuan untuk meningkatkan mutu   dan hasil pendidikan di madrasah  dapat pembentukan karakter peserta didik; (2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan karakter  berbasis nilai-nilai  agama Islam, mencari solusi dalam mengatasi kendala yang dihadapi oleh peserta didik; (3) Solusi mengatasi kendala pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan pembinaan keagamaan.

Kata Kunci: Pelaksanaan, Pendidikan Karakter, Nilai-nilai Agama Islam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1).

Al-Albani, M. (2006). Shahih Sunan Tirmidzi (Seleksi Hadits Shahih Dari Kitab Sunan Tirmidzi Buku: 2). Jakarta: Pustaka Azzam.

Citra, Y. (2012). Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 237–249.

Darmiyati Zuchdi, D. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Departemen Agama RI. (2015). Al-Qur’an Terjemaham. Bandung: CV Darus Sunah.

Depdiknas. (2001). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Buku 1 Konsep dan Pelaksanaan. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Depdiknas. (2009). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Fasli Jalal, & D. S. (2002). Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakart: Adi Cita Karya Nusa.

J. M. Asmani. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press.

Koesoema, D. (2011). Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger. Jakarta: Gasindo.

Moleong, J. L. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Muhadjir, N. (2011). Metode Penelitian. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Ningsih, A. . P. R. C. (2013). Pengaruh Kompetensi, Indepedensi, dan Time Budget Pressure terhadap Kualitas Audit. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 4(1), 92–109.

Nugroho, D. P. (2012). Pembelajaran Nilai-Nilai Disiplin dalam PKn Siswa Kelas XI Sebagai Upaya Penegakan Tata Tertib. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(1), 1–12.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Sekretariat Negara. https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004

Rohman, A. (2012). Kebijakan pendidikan (analisis dinamika formulasi dan implementasi). Yogyakarta: Cv. Aswaja Pressindo.

Solihudin, M. (2013). Dampak Kebijakan Sekolah Tentang Poin Pelanggaran Tata Tertib Siswa dalam Membentuk Perilaku Siswa yang berkarakter. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 62–70.

UUD 45. (1945). Undang-undang Dasar RI Tahun 1945. Departemen Kesehatan RI.

Wening, S. (2012). Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 1.

Published

2020-03-18

How to Cite

Kasim, A. M., & Handayani, T. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Agama Islam Di MA AT-Taqwa Maumere. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.22219/jkpp.v5i1.11588

Issue

Section

Artikel