Implementasi Kompetensi Profesional Guru Biologi Di SMA Negeri 6 Halmahera Utara

Authors

  • Eko Purnomo Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Mohammad Syahri Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jkpp.v5i1.11591

Abstract

Abstract: This study aims to describe (1) the implementation of the professional competence of Biology Teachers at SMA Negeri 6 Halmahera Utara? 2) Constraints faced by teachers in the Implementation of Professional Competence of Biology Teachers in SMA 6 Halmahera Utara. This research uses the descriptive qualitative method. The subjects of this study were teachers, principals, and students. Data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. Data were analyzed using steps of data reduction, data display, and concluding. Data validity checking techniques using source triangulation. The results of this study indicate that 1) the teacher in implementing professional competence is demonstrated by mastering the teaching process in the classroom as evidenced by the assessment of the principal who reaches 90%, learning tools and students understand biological material. The teacher also develops creative learning by using methods, models and creative learning media. Teachers take self-reflection actions through student learning outcomes that have not yet reached the KKM standard in schools. The teacher uses technology in teaching techniques through videos of teaching materials and power points, the teacher's self-development in the use of technology is supported by school facilities such as projectors, laptops, and wifi. (2) Constraints faced in the process of implementing Biology teacher Professional competence are the influence of internal and external factors, internal factors consist of student motivation and external consist of student learning environment that is the school environment in adjusting the teaching methods of teachers, family and community environment.

Keywords: Biology, Teachers, Professional Competence

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) implementasi kompetensi profesional Guru Biologi di SMA Negeri 6 Halmahera Utara? 2) Kendala yang dihadapi guru dalam Implementasi Kompetensi Profesional Guru Biologi di SMA Negeri 6 Halmahera Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) guru dalam mengimplementasikan kompetensi profesional ditunjukkan dengan menguasai proses mengajar di kelas dibuktikan dengan penilaian kepala sekolah yang mencapai 90%, perangkat pembelajaran dan siswa memahami materi biologi. Guru juga mengembangkan pembelajaran kreatif dengan menggunakan metode, model, dan media pembelajaran kreatif. Guru melakukan tindakan refleksi diri melalui hasil belajar siswa yang belum mencapai standar KKM di sekolah. Guru menggunakan teknologi dalam teknik mengajar melalui vidio materi ajar dan power point, pengembangan diri guru dalam pemanfaatan teknologi didukung dengan fasilitas sekolah berupa proyektor, laptop dan wifi. (2) Kendala yang dihadapi dalam proses implementasi kompetensi Profesional guru biologi adanya pengaruh faktor internal dan eksternal, faktor internal terdiri dari motivasi siswa dan ekternal terdiri dari lingkungan belajar siswa yaitu lingkungan sekolah pada penyesuaian metode mengajar guru, lingkungan keluarga dan masyarakat.

Kata kunci: Biologi, Guru, Kompetensi Profesional

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bafadal, I. (2004). Peningkatan Profersionalisme Guru Sekolah Dasar (Dalam Rangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah). Jakarta: Bumi aksara.

Bahtiar, K. D., (2011). Implementasi kebijakan sertifikasi guru dalam rangka meningkatkan profesionalitas guru di kota yogyakarta. http://dx.doi.org/10.18196/jgp.2011.0015. Di akses Tanggal 13 Maret 2016.

Cahyana A. (2010). Pengembangan kompetensi profesional guru dalam menghadapi sertifikasi. Jurnal pendidikan dan kebudayaan.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Depdikbud.

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Husain Chaidar. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Volume 2, Nomor 2, Juli, hal; 184-192. ISSN: 2337-7623; EISSN: 2337-7615.

Joni, T. Raka. (1992). Pokok-pokok pikiran mengenai pemikiran guru. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud

Lynn, V.C. (1985). Phisycal Education Teacher Education. NewYork: Chicester Brisbone torontoSingapore.

Mendikbud (2015). Hasil tes ukg tahun 2015 masih memprihatinkan, Kemendikbud Anies Baswedan. Dari (http://news.okezone.com/read/2015/07/01/65/1174544/mendikbud-uji kompetensi-guru-memprihatinkan). Diakses tanggal 20 Mei 2016.

Miles B. Mathew & Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UIP.

Muchson, Ali. (2004). Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 2, Nomor 1.

Mustofa. (2007). Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru Di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Vol 4 No 1. Diakses Tanggal 02 Oktober 2015.

Mulyasa, Enco. (2009). Standar Kompetensi Guru Dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ningsih, Rahayu. (2013). Kompetensi Profesional Guru Biologi Pada Pembelajaran Proses Sains Di SMA Negeri Kota Magelang. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Negeri Semarang.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Rustaman YN, Soendjojo Dirdjosoemarto, Suroso Adi Y, Yusmani A, Ruchji S, Diana R, Mimin Nurjhani K. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: FMIPA UPI.

Rasyid A. M. (2014). Bahan Manajemen Pendidikan. Jurnal administrasi pendidikan volume 2 nomor 1. Diakses Tanggal 13 Desember 2015.

Sugandi Achmad, dkk. (2006). Teori Pembelajaran. Semarang: UNNES PRESS

Sudarisman, Suciati. (2012). Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Proses Sains Metode Training untuk Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Hal:287-293. Proceeding Seminar IPA III: Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru Sains Berkelanjutan melalui Penelitian dan Publikasi Ilmiah. Jurusan Sains Pendidikan Pascasarjana UNS. Semarang: UNNES FMIPA. ISBN: 978-602-99075-2-0.

Supriyadi, D. (2004). Membangun Bangsa Melalui Pendidikan.Jakarta: Rosda Karya.

Sullivan, K. (2003). Teachers Standards and Professionalism: ContestedPerspectives in a Decade of Reform. (Online). Diakses tanggal 14 Maret 2016 dari:http://www. Aare.edu.au/99pap/sul99090.htm.

Sutarmanto. (2015). Kompetensi dan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. Diakses pada tanggal 14 Maret 2016.

Suyanto, Djihad dan Hisyam, (2000). Pendidikan di Indonesia Memasuki Millenium III: Yogyakarta, Adi Cita.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta :PT Rineka Cipta.

Syahrul (2009). Pengembangan Profesi dan Kompetensi Guru Berbasis Moral dan Kultur. Jurnal Medtek, Volume 1, Nomor 1, April 2009. Diakses Tanggal 14 Desember 2015.

Tilaar, H.A.R. (2002). Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tuti, Desy Sigit Rahayuning Tias. (2013). Implementasi Kompetensi Profesional Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Gugus Ii Kecamatan Turi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, 2015. Bandung: Citra Umbara.

Usman, M. U. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Wahyudi. (2010). Standar Kompetensi Profesional Guru.Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora.Vol. 1. No. 2. Diakses pada tanggal 3 Juni 2016.

Winarno (2015). Usaha Peningkatan Profesionalisme Guru. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Published

2020-03-18

How to Cite

Purnomo, E., & Syahri, M. (2020). Implementasi Kompetensi Profesional Guru Biologi Di SMA Negeri 6 Halmahera Utara. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.22219/jkpp.v5i1.11591

Issue

Section

Artikel