Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi

Authors

  • Kusnul Kotimah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Abdulkadir Rahardjanto Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jkpp.v5i1.11593

Abstract

Abstract: This research aims to know the principal's strategy in improving teacher performance. The focus of this study was to find out how the strategy was carried out by the School Principal in Improving Teacher Performance in Gondanglegi 7 SMK Muhammadiyah. This research was conducted with a descriptive qualitative approach. The subjects of the study were the school principal, deputy headmaster and 2 teachers at SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation. Data analysis in this study was based on Miles and Huberman's steps: data collection, data presentation, data reduction, and conclusion drawing/verification. The results of the study show how the strategies are undertaken by the principal in improving teacher performance in SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, starting from the planning made by the school principal, the implementation carried out by the principal; Discipline, Motivator, and Rewards and Punishment, the evaluation conducted by the principal consists of Attendance, MSG, sustainable professional development (PKB), Administration, School activities to improve teacher performance and student questionnaires.

Keywords: Strategy, Principal, Teacher Performance

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui stategi kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan 2 guru yang ada di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Teknik pengumpulan data melelui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini didasarkan atas langkah-langkah Miles dan Huberman: pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan / verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bagimana strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, mulai dari perencanaan yang dilakukan kepala sekolah, pelaksanaan yang dilakukan kepala sekolah; Kedisiplinan, Motivator dan Rewads dan Punishment, evalusi yang dilakukan kepala sekolah terdiri dari: Kehadiran, MSG, pengembangan keprofesionalan berkelanjutan (PKB), Administrasi, Kegiatan sekolah guna meningkatkan kinerja guru dan angket siswa.

Kata kunci: Strategi, Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, B. (2009). Guru Profesional, Bandung: Alfabeta

Erdianti. (2014). Strategi Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru. Vol. 7 No. 1

Kunandar. (2008).Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Miles B. Mathew & Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UIP.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara

Mulyasa, E (2005). Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran dan Menyenangkan, Bandung: PT Remaja Rosdakrya.

Nurasiah. (2015).Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Di SD Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar.Vol 3, No. 3, Agustus 2015

Hamalik, O. (2004). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Menteri No.13 Th 2007 Pendidikan Nasional, (2007), Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, Jakarta

Rusmawati. (2013). Upaya kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Pada SDN 018 Balikpapan. Jurnal Administrasi Vol 1 No 2 , 2013.

Rosita, Riza. (2015). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pada SD Negeri Unggul Montasik. Vol.7 No3 September 2015

Sugiyono. (2012).Metode PenelitianKuantitatif,Kualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta

Sulistyorini. (2009).Manajemen PendidikanIslam, Yogyakarta: Teras

Teguh. (2015). Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Partisipasi Kerja Guru Di SDN Watukarung Pringkuku Pacitan. Vol 25 No.2 Desember 2015

Usman, Nasir. (2012). Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru, konsep, teori dan model, Bandung: Cita pustaka media perintis

Nelvi, V. (2014). Peran Kepala Sekolah Dalam Memimgkatkan Disiplin Guru Di Sekolah Menengah Pertan Negeri I Atinggola. Vol 9 No 3 Agustus2014

Wahjosumidjo. (2007). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Published

2020-03-18

How to Cite

Kotimah, K., & Rahardjanto, A. (2020). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.22219/jkpp.v5i1.11593

Issue

Section

Artikel