Analisis Pelaksanaan Pendidikan Karakter Berbasis Parenting Di Gugus PAUD XIII Kecamatan Klojen Kota Malang

Authors

  • Siti Ruqoiyah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ichsan Anshory Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jkpp.v5i2.11599

Abstract

Abstract: The study aims to (1) analyze the implementation of character building that based on parenting and to find out (2) supporting factors and inhibiting factors in gurus PAUD XIII in Klojen district. The method used in this research is qualitative descriptive. Data is collected from observation, interview, and documentation. The subject of this research are headmasters, teachers, and parents, whereas the analysis technique included data collection, data reduction, display, and conclusion. Checking data‟s validity uses thorough observation and triangulation. The result of this research showed that (1) parents' support and involvement are prominent in school socialization meetings, involved in the parent group, religious events, sharing with a psychologist, the peak of theme, and social activity. (2) Supporting factors are in the form of adequate educational and economical background, character control book, school culture, time for sharing while inhibiting factors are parents' works, parent perspective, and lack of a good example from parents at home.

Keywords: Character building, Parents involvement, Young children

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis pelaksanaan pendidikan karakter berbasis parenting serta (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya di gugus PAUD XIII di kecamatan Klojen. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan wali murid, sedangkan teknik analisis data meliputi data collection, data reduction, display, conclusion, untuk pengecekan keabsahan data menggunakan cara pengamatan yang tekun dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dukungan dan keterlibatan orangtua sangat aktif pada pertemuan sosialisasi visi, misi, tujuan sekolah, aktif dalam kegiatan Paguyupan Orangtua Siswa (POS), pengajian, kegiatan sharing dengan psikolog, puncak tema, kegiatan sosial. (2) Faktor pendukung berupa latar belakang pendidikan dan strata ekonomi yang memadai, adanya buku kontrol karakter, budaya sekolah, tersedianya waktu khusus untuk sharing, sedangkan faktor penghambatnya adalah kesibukan orangtua, persepsi orangtua, perlakuan yang berbeda, dan kurangnya role model yang baik dari orangtua dirumah.

Kata kunci: Pendidikan karakter, Keterlibatan orangtua, Anak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, Sofan. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter: Dalam Pembelajaran, Surabaya: Prestasi Pustakaraya Indonesia.

Andrianto, Tuhana (2011). Mengembangkan Karakter Sukses Anak di Era Cyber. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Departemen Pendidikan Nasional, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No .20 Tahun 2003.

Fadillah, Muhammad & Khorida. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hero, H. (2010). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Pada Tk Santo Yusup 3 Malang, Tesis. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Huda, Miftahul. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Moleong, Lexy J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhibbinsyah. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Mulyasa. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf, Muhammad. (2014). Menabur Benih Karakter, Sidoarjo: Kanzun Books Publishing.

Published

2020-03-19

How to Cite

Ruqoiyah, S., & Anshory, I. (2020). Analisis Pelaksanaan Pendidikan Karakter Berbasis Parenting Di Gugus PAUD XIII Kecamatan Klojen Kota Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.22219/jkpp.v5i2.11599

Issue

Section

Artikel