Efektivitas Kebijakan Budaya Sekolah Berwawasan Lingkungan Hidup (Adiwiyata) Mandiri Di SDN Purwantoro 1 Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.22219/jkpp.v5i2.11602Abstract
Abstract: This study aims to determine: 1) The effectiveness of the Culture Policy of environmentally friendly schools (Adiwiyata) Mandiri implemented at SDN Purwantoro 1 Malang, 2) Supporting and inhibiting factors in the education of environmentally friendly schools (Adiwiyata) Mandiri at SDN Purwantoro 1 Malang. The approach used is qualitative. The research location is housed in SDN Puwantoro 1 Malang City. Research carried out in December until January 2017. The subjects were principals, teachers, and parents. Analysis of the data using data analysis techniques Miles, Huberman, and Spradley. While the validity of the data which is to increase persistence, triangulation, and the use of reference materials. Research results obtained: 1) Culture applied in SDN Purwantoro 1 Malang City with their habituation-conditioning is done to students. The habituation cultural activities such as green and clean, personable, and parents day. 2) Factors that support program activities Adiwiyata Mandiri is the infrastructure that supports it, the division of cadres in the Adiwiyata program, and the role of parent guardians in supporting the implementation of the program at SDN Purwantoro 1 Malang City. And 3) the inhibiting factors sometimes only one or two children who lack awareness about the environment and land conditions are still unfavorable to good.
Keywords: Education Policy, School Culture, Environmental Education, Adiwiyata Mandiri
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Efektivitas Kebijakan Budaya sekolah berwawasan lingkungan hidup (Adiwiyata) Mandiri diterapkan di SDN Purwantoro 1 Kota Malang, 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan sekolah berwawasan lingkungan hidup (Adiwiyata) Mandiri di SDN Purwantoro 1 Kota Malang. Pendekatan yang dipakai adalah kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di SDN Purwantoro 1 Kota Malang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember sampai Januari 2017. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan wali murid. Analisis data menggunakan teknik analisis data Miles, Huberman dan spradley. Sedangkan keabsahan datanya yaitu meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian yang didapat yaitu 1) Budaya yang diterapkan di SDN Purwantoro 1 Kota Malang dengan adanya pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan kepada siswa-siswinya. Budaya pembiasaan itu seperti kegiatan green and clean, kepribadian dan parensday. 2) Faktor yang mendukung dalam kegiatan program Adiwiyata Mandiri adalah sarana prasarana yang mendukung, adanya pembagian kader dalam program adiwiyata, dan peran orang tua wali murid dalam mendukung diterapkannya program Adiwiyata di SDN Purwantoro 1 Kota malang. Dan 3) Faktor penghambat hanya saja terkadang ada satu dua anak yang kesadarannya kurang tentang lingkungan dan kondisi lahannya yang masih kurang mendukung dengan baik.
Kata kunci: Kebijakan Pendidikan, Budaya Sekolah, Pendidikan Lingkungan Hidup, Adiwiyata Mandiri
Downloads
References
Anwar, Zul. (2012). “Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar”. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Vol. 5 No. 2. Diakses pada tanggal 22 Agustus 2015. Dari: http://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/4747
Campbell, N.A., Reece, J.B, dan Nitchel, L.G. (2003). Biologi: Edisi Kelima Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Daryanto, Suprihatin, Agung. (2013). Pengantar Pendidikan Lingkungan Hidup. Yogyakarta: Gava Media.
Ernst, Julie. (2014). Early Childhood Educators’ Preferences and Perceptions Regarding Outdoor Settings as Learning Environments. USA: University of Minnesota in Duluth.
Gunawan, Zani. (2016). Pengembangan Program Adiwiyata Dalam Mewujudkan Sekolah Peduli Dan Berbudaya Lingkungan. Probolinggo: Fakultas Tarbiyah IAI Nurul Jadid.
Hidayati, Nanik dkk. (2013). Perilaku Warga Sekolah Dalam Program Adiwiyata di SMK Negeri 2 Semarang. Semarang: UNDIP.
Hasbullah. (2005). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Jumadil, dkk. (2015). Penerapan Program Adiwiyata Pada Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup Sekolah Dasar Di Kota Kendari. Makasar: Universitas Hasanuddin.
Kementerian Negara Lingkungan Hidup. (2010). Panduan Adiwiyata. KNLH.Jakarta.
Kementerian Lingkungan Hidup. (2011). Panduan Adiwiyata. KLH. Jakarta.
Landriany, Ellen. (2014). Implementasi Kebijakan adiwiyata Dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMA Kota Malang. Malang.
Mahmudah, Kholifatul dkk. (2015). Partisipasi Masyarakat Dalam Program Sekolah Adiwiyata Mandiri (Studi Multisitus Di SDN Pandanwangi Malang Dan SDN Purwantoro 1 Malang). Malang: Universitas Negeri Malang.
Mahmudi. (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Moleong, Lexy J. (2005). Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung: remaja Rosda Karya.
Mulyana, Rachmat. (2009). Penanaman Etika Lingkungan Melalui Sekolah Perduli dan Berbudaya Lingkungan.
Siahaan, N.H. (2004). Hukum Lingkungan dan Ekologi Pembangunan, Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.
Siregar, Tiurlina dan Auldry F. Walukow. (2013). Penjabaran Konsep Reduce, Reuse, Recycle dan Participation Di Sekolah Dengan Memanfaatkan Sampah Sebagai Perwujudan Program Pendidikan Lingkungan Hidup. Jurnal Pendidikan Ilmu Indonesia.
Suryadi. (2009). Manajemen Mutu Berbasis Sekolah: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Sarana Panca Karya Nusa.
Wahyuningtyas, Desy, dkk. (2013). Evaluasi Program Adiwiyata Di SMAN 11 Semarang. Semarang: Jurusan Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik, Universitas Diponegoro.
Winarno, F. G. (1992). Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta: Gramedia.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
It is a condition of publication that authors assign copright or license the publication rights in their articles to journal of Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Authors are themselves responsible for obtaining permission to reproduce copyright material from other source
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.