Pembelajaran Variasi Dribbling Dalam Peningkatan Hasil Belajar Peserta Ekstrakurikuler Sepak Di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi

Authors

  • Eiselin Pasca Ramadhan Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Arif Budi Wuriyanto Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Abdulkadir Rahardjanto Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jkpp.v5i2.11607

Abstract

Abstract: The study aims to (1) knowing the learning process and learning outcomes variations dribbling participants extracurricular football class X in SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi; (2) knowing the increase in dribbling learning outcomes of class X extracurricular soccer participants at SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang Regency after participating in dribbling variation learning. This type of research is qualitative with Class Action Research design (PTK). The research instruments include observation sheets, tests, and documentation. Data analysis techniques used to analyze student learning outcomes is a descriptive analysis technique percentage. The results showed (1) The learning process of dribbling variation in the students is done in two cycles. Variations of dribbling exercises given in cycle 1 include (a) U-dribbling exercises using inner legs, outer legs and back, (b) Z-dribbling exercises using inner legs, outer legs, and backs, (c) 8-dribbling exercises using inner legs, outer legs and back foot, and (d) doing dribble with pass and control exercises. Variations of the dribbling exercises given in cycle 2 include (a) Z-dribbling exercises using inner legs, outer legs and back, (b) 8-dribbling exercises using inner legs, outer legs and backs, and Exercise dribble with pass and control. (2) The application of learning dribbling variation in the extracurricular participants of class X football at SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi showed the percentage of students' learning completeness classically in cycle 1 reaching 62.5% (25 students reaching KKM 65), then the percentage is increased and has reached the expected percentage target in cycle 2 is 87.5% (35 students reaching KKM 65).

Keywords: Dribbling variations, soccer, learning outcomes

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui proses pembelajaran dan hasil belajar variasi dribbling peserta ekstrakurikuler sepak bola kelas X di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi; (2) mengetahui peningkatan hasil belajar dribbling peserta ekstrakurikuler sepak bola kelas X di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang setelah mengikuti pembelajaran variasi dribbling. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen peneltian meliputi lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis hasil belajar siswa adalah teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan (1) Proses pembelajaran variasi dribbling pada siswa dilaksanakan dalam dua siklus. Variasi latihan dribbling yang diberikan pada siklus 1 meliputi (a) latihan U-dribbling menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki, (b) latihan Z-dribbling menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki, (c) latihan 8-dribbling menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki, serta (d) melakukan latihan dribble with pass and control. Variasi latihan dribbling yang diberikan pada siklus 2 meliputi (a) latihan Z-dribbling menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki, (b) latihan 8-dribbling menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki, serta (c) latihan dribble with pass and control. (2) Penerapan pembelajaran variasi dribbling pada peserta ekstrakurikuler sepak bola kelas X di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi menunjukkan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus 1 yang mencapai 62,5% (25 siswa mencapai KKM 65), kemudian persentase tersebut meningkat dan telah mencapai target persentase yang diharapkan pada siklus 2 yaitu 87,5% (35 siswa mencapai KKM 65).

Kata kunci: Variasi dribbling, sepak bola, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aswitno. (2013). Meningkatkan Kemampuan Dribbling pada Permainan Sepak Bola Melalui Metode Latihan Kelincahan pada Siswa Kelas V SDN Inti No. 1 Lero. E-Journal Tadulako Physical Education, Health and Recreation, 2(6): 1-15.

Kusuma, Farizal Indra. (2015). Perbandingan Pengaruh Pembelajaran Menggiring Bola antara Metode Self Check dengan Metode Resiprokal Terhadap Keterampilan Menggiring Bola dalam Permainan Sepakbola. Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Siliwangi, 1(1): 1-12.

Muhajir. (2007). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Penerbit Erlangga.

Mielke, Danny. (2009). Dasar-dasar Sepak Bola. Bandung: Pakar Raya.

Rosdiani, Dini. (2012). Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Sapulete, Janje J. (2012). Hubungan Kelincahan dan Kecepatan dengan Kemampuan Menggiring Bola pada Permainan Sepakbola Siswa SMK Kesatuan Samarinda. Jurnal Ilmu Keolahragaan (ILARA), 3(1): 108-114.

Scheunemann, Timo. (2008). 14 Ciri Sepak bola Modern: Sebuah Seruan ReformasiTotal. Kabupaten Malang: DIOMA.

Sharkey, Brian J. (2003). Kebugaran dan Kesehatan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2011). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukiyani dan Sudarso. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Menggiring Bola dalam Permainan Sepak Bola dengan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas V di SDN Bakalan Wringin Pitu Balongbendo Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1(3): 509-513.

Suparia, Andi. (2013). Meningkatkan Keterampilan Menggiring Bola Melalui Metode Latihan Zigzag Run dalam Permainan Sepak Bola pada Siswa Kelas V SD Negeri Toboli. Tri Sentra Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(4): 142-164.

Surohudin, Moh. Andik. (2013). Pengaruh Latihan Ballnastic Terhadap Kelincahan pada Pemain Sepak Bola Usia 15-18 Tahun (Studi pada SSB Bima Amora Mengganti Gresik). Jurnal Ilmu Keolahragaan Unesa, 1(3): 1-14.

Syam, Asry. (2012). Peningkatan Keterampilan Menggiring Bola pada Permainan Sepak Bola Melalui Metode Modeling. Jurnal Inovasi, 9(1): 1-12.

Walid, Abdul. (2013). Meningkatkan Keterampilan Menggiring Bola Melalui Metode Bermain dalam Kelompok-kelompok Kecil pada Permainan Sepakbola Mini Siswa SD Guntarano. E-JTPEHR, 1(3): 1-15.

Published

2020-03-19

How to Cite

Ramadhan, E. P., Wuriyanto, A. B., & Rahardjanto, A. (2020). Pembelajaran Variasi Dribbling Dalam Peningkatan Hasil Belajar Peserta Ekstrakurikuler Sepak Di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.22219/jkpp.v5i2.11607

Issue

Section

Artikel