Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Aljabar Di Kelas VIII SMP Negeri 4 Batu
DOI:
https://doi.org/10.22219/jkpp.v5i2.11608Abstract
Abstract: The study aims to find out the scientific approach implementation on algebra learning of class VIII, SMPN 4 Batu. This study employs a qualitative approach while it uses interviews, surveys, and documents as the techniques under the descriptive method. The source triangulation technique is used to support the validity of this study. The result shows that scientific approach implementation on algebra learning of class VIII, SMPN 4 Batu was conducted contextually through a scientific approach. The school needs to equip its teachers and educational staff with competency by training and workshop, sufficient funding, and supporting facilities and infrastructure. By applying the scientific approach, the school can improve KKM completeness percentage, decrease misconception, boost self-esteem, be more communicative, increase discipline, augment academic and nonacademic achievement as well.
Keywords: Implementation, Scientific Approach, Algebra
Abstrak: Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran aljabar kelas VIII di SMP Negeri 4 Batu. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif sedangkan metode yang digunakan deskriptif melalui tehnik wawancara, observasi dan dokumen. Keabsahan data dalam penelitian ini digunakan tehniktrianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan dalam implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran aljabar kelas VIII di SMP Negeri 4 Batu, dilakukan secara kontekstual melalui pendekatan saintifik, sekolah perlu mempersiapkan tenaga pendidik dan kependidikan yang kompeten dengan melalui pelatihan, diklat dan workshop, adanya dukungan dana yang mencukupi, sarana dan prasarana yang mendukung. Dengan pendekatan saintifik dapat, meningkatakanprosentase ketuntasan KKM, memperkecil miskonsepsi, menambah percaya diri, lebih komunikatif, meningkatkan kedipsilinan, dan meningkatkan prestasi akademis dan non akademis.
Kata kunci: Implementasi, Pendekatan Saintifik, AljabarDownloads
References
Atsnan, M. F. dan Gozali, Y. R. (2013). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Materi Bilangan (Pecahan). Proseding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013. FPMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. ISBN: 978-979-16353-9-4.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikuluk 2013. Yogyakarta
Indah, S. A.Y. dan Azizah U. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Pendekatan Saintifik (scientific Approach) Pada materi Pokok Larutan Elektrolit dan Non Elektrlit Kelas IX MIA 5 SMAN 3 Surabaya. Unesa Journal of Chemical Education. Volume 3, Nomor 3. pp. 105-111, September 2014. ISSN: 2252 – 9454.
Kriegler, S. (2011). Just What Is Algebraic Thinking? Greer, B, Algebra for All. The Montana Mathematics Enthusiast, ISSN 1551-3440, Vol. 5, nos.2&3, pp.423-428. (Online). http://introtoalg.com/downloads/articles-01-kriegler.pdf, 2011. diakses: 23 Pebruari 2017.
Miles, M. B. dan Huberman, A. M. (1992). Qualitative Data Analysis. Jakarta: UI-Press
Setiawati, R. (2014). Penguasaan Kompetensi Materi Konsep dan Pengelolahan Koperasi Dengan Pendekatan Scientific Learning. Jurnal. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Program Pascasarjana, UNS Indonesia. ISSN: 2301.7341.
Suparlan. (2015). Tesis. Implementasi Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 pada Pembelajaran IPA di SD MuhammadyahDemangan Baru Yogyakarta. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Trihartanti, Widyaningtyas dan Indah, Kartini, Novita, (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Materi Dunia Tumbuhan Di SMA Negeri 1 GedanganSidoarjo. Jurna: Berkala Ilmu Pendidikan Biologi. Volume 4 Nomor 1 Januari 2015. ISSN: 2302-9528.
Tukaryanto. (2015). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Motivasi Belajar Peserta didik Melalui Pendekatan Saintifik Terintegrasi pada Model Pembelajaran Discovery Learning. Porseding Seminar Nasional Pendidikan Matematika UNS 2015 FKIP Universitas Muhammadya Surakarta. ISBN: 978.602.719.934.7.
Permendiknas No. 103 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan MenengahPublished
How to Cite
Issue
Section
License
It is a condition of publication that authors assign copright or license the publication rights in their articles to journal of Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Authors are themselves responsible for obtaining permission to reproduce copyright material from other source
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.