Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer (Studi Multisitus) Di MIN 1 Dan MIN 2 Flores Timur
DOI:
https://doi.org/10.22219/jkpp.v6i2.11615Abstract
Abstract: This study aims to examine the role of the MIN 1 and MIN 2 principals of East Flores as managers, success supporting factors, the obstacles faced and the principal's efforts to overcome obstacles. The research method used is a qualitative approach with the type of research is descriptive. This research uses a multi-site study. Data obtained through interviews, observation, and study documentation. The results of this study indicate that the roles of the heads of MIN 1 and MIN 2 as managers are 1) Involving teachers and staff in managing school programs; 2) Conduct curriculum management; 3) Creating a conducive learning and achievement climate; 4) Include teachers in training to improve their competence; 5) Facilitating facilities and infrastructure supporting school activities; 6) Planning a budget; 7) Conduct student management activities; 8) Specifically assigning teachers to oversee the program, and 9) Conduct supervision. Internal factors that support the success of the heads of MIN 1 and MIN 2 East Flores as managers are the togetherness of the teachers to optimize their potential and the willingness to sincerely carry out the school programs that have been planned together. The external factor is the strong support of student guardians in the programs that have been run by schools. The internal obstacle faced by the heads of MIN 1 and MIN 2 East Flores as managers are the limited time for teachers to carry out or run the program to the maximum extent possible. The external obstacle is the student's guardian awareness of the school program. Efforts made by the heads of MIN 1 and MIN 2 East Flores as managers in improving the quality of schools to overcome internal and external problems are communicating to teachers to be more active in carrying out or carrying out planned programs.
Keywords: Principal, Manager, Multisitus Study
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran kepala sekolah MIN 1 dan MIN 2 Flores Timur sebagai manajer, faktor pendukung keberhasilan, kendala yang dihadapi dan upaya kepala sekolah mengatasi kendala. Metode penelitian yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah deskriptif. Penelitian ini menggunakan studi multisitus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran kepala MIN 1 dan MIN 2 sebagai manajer yaitu 1) Melibatkan guru dan pegawai dalam pengelolaan program sekolah; 2) Melakukan pengelolaan kurikulum; 3) Mewujudkan iklim belajar dan berprestasi yang kondusif; 4) Mengikutkan guru-guru dalam pelatihan untuk meningkatkan kompetensinya; 5) Memfasilitasi sarana dan prasarana pendukung kegiatan sekolah; 6) Merencanakan penganggaran; 7) Melakukan kegiatan pengelolaan kesiswaan; 8) Menugaskan secara khusus guru-guru untuk mengawal program, dan 9) Melakukan pengawasan. Faktor internal yang menjadi pendukung keberhasilan kepala MIN 1 dan MIN 2 Flores Timur sebagai manajer adalah kebersamaan guru-guru untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki dan keinginnan yang ikhlas untuk mejalankan program sekolah yang telah direncankan bersama-sama. Faktor eksternalnya adalah dukungan wali murid yang kuat pada program yang telah dijalankan oleh sekolah. Kendala internal yang dihadapi kepala MIN 1 dan MIN 2 Flores Timur sebagai manajer adalah keterbatasan waktu dari guru-guru untuk melakukan atau menjalankan program dengan semaksimal mungkin. Kendala eksternalnya adalah kesadaran wali murid akan program sekolah tersebut. Upaya yang dilakukan kepala MIN 1 dan MIN 2 Flores Timur sebagai manajer dalam meningkatkan mutu sekolah untuk mengatasi masalah internal dan eksternal adalah mengkomunikasikan kepada guru-guru untuk lebih aktif melakukan atau menjalankan program yang telah direncanakan.
Kata kunci: Kepala Sekolah, Manajer, Studi Multisitus
Downloads
References
Amiruddin. (2012). Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Program Magister Administrasi Pendidikan, FKIP, Untan Pontianak.
Aufa. (2016). Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MI Ma’arif Giriloyo Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, Vol. 1, No. 2, November 2016.
Fatmasari. (2014). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Gugus Sekolah Dasar Kecamatan Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Ilmiah Didaktika, Vol. XIV, No. 2.
Fattah, N dan Ali, M. (2008). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Universitas Terbuka.
Iskandar, A. (2013). Pengaruh Pemberdayaan Guru Oleh Kepala Sekolah dan Kemitraan Bidang Akademik Antar Sekolah Terhadap Prestasi Sekolah Pada SD di Wilayah UPTD Pendidikan Kecamatan Gunung Tanjung. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan, Vol.1, No 3.
Kholis Nur, Zamroni, Sumarno. (2014). Mutu Sekolah dan Budaya Partisipasi Stakeholders. Studi Fenomenologi di Sekolah Konfesional MIN Tegalasri Wlingi Blitar. Jurnal Pembangunan Pendidikan, Vol. 2, No, 2.
Lestari, S. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Siswa. Jurnal Satya Widya, Vol. 32, No.2.
Mahardhani, A. J. (2015). Kepemimpinan Ideal Kepala Sekolah. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran.
Moleong. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mukhid, A. (2007). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Sistem Pembelajaran Yang Tepat. Journal Tadris.
Mulyasa. (2005). Menjadi Kepala Sekolah Professional dalam konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Professional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mustofa. (2007). Upaya Pengembangan Profesionalisme guru di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Pendidikan.
Nurasiah, Murniati AR, Cut Zahri Harun. (2015). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu di SD Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Vol. 3, No. 3.
Raihani. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah Transformatif. Yogyakarta: LKIS Group.
Ramadoni, W. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru di SDN Negeri Tanjungsari I Sidoarjo. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 3. No. 3.
Sabirin. (2012). Perencanaan Kepala Sekolah Tentang Pembelajaran. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, Vol. 9. No. 1.
Sudarwati. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Sekolah: Studi Multisitus di SMAN 2 Madiun dan SMAN 2 Ngawi. Tesis: Disertasi dan Tesis Program Pascasarjana UM.
Sasmedi, D. W. (2015). Kepemimpinan Sekolah Yang Efektif. Artikel E-Buletin Edisi April. ISSN. 2355-3189.
Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Pendekatan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Triyanto E, Sri Anitah, Nunuk Suryani. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 1. No. 2.
Wahjosumidjo. (2002). Kemanajeran Kepala Sekolah, Tinjauan Teoretik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Wahjosumidjo. (2008). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Yusnidar. (2014). Kemanajeran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada MAN Model Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Didaktika Vol. XIV, No 2.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
It is a condition of publication that authors assign copright or license the publication rights in their articles to journal of Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Authors are themselves responsible for obtaining permission to reproduce copyright material from other source
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.