Analisis Kesiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Mandiri Di SMP Muhammadiyah 10 Muncar Kabupaten Banyuwangi

Authors

  • Fuad Muttaqin Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ahmad Juanda Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jkpp.v6i2.11617

Abstract

Abstract: This study aims to describe the readiness for the implementation of an independent Computer-Based National Examination (UNBK) at Muhammadiyah Secondary School 10 Muncar including 1) Why did Muncar Muhammadiyah 10 Secondary School choose to take an independent Computer-Based National Examination (UNBK) preparing for the independent implementation of UNBK. In this study, the researchers used descriptive methods using a qualitative approach. Research data was obtained from primary sources, namely: Principal, Vice Principal, Vice Facilities, Proctor, Technicians, Teachers, and Helpdesk of Banyuwangi Regency. While secondary data sources from documents relating to UNBK. The results of the study stated that the 10 Muncar Muhammadiyah Secondary School in Banyuwangi Regency was ready to carry out an independent Computer-Based National Examination (UNBK), this was evidenced by three stages of the process including 1) Planning stage; 2) Implementation stage; 3) Evaluation stage. So that Muhammadiyah 10 Muncar Secondary School was successful and ready to implement UNBK independently.

Keywords: Education Evaluation, ICT, Proctor, UNBK

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mandiri di SMP Muhammadiyah 10 Muncar diantaranya: 1) Pertimbangan SMP Muhammadiyah 10 Muncar lebih memilih mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mandiri, 2) Upaya dari SMP Muhammadiyah 10 Muncar dalam menyiapkan pelaksanaan UNBK mandiri. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa SMP Muhammadiyah 10 Muncar Kabupaten Banyuwangi siap dalam melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mandiri, hal ini dibuktikan dengan tiga tahapan proses diantaranya: 1) tahap Perencanaan; 2) tahap Pelaksanaan; 3) tahap Evaluasi. Sehingga SMP Muhammadiyah 10 Muncar berhasil dalam melaksanakan UNBK secara mandiri. Adapun Upaya dari SMP Muhammadiyah 10 Muncar dalam menyiapkan pelaksanaan UNBK secara mandiri adalah: 1) pengadaan perangkat PC dan jaringan komputer melalui kerjasama dengan UPJ SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi, 2) pembiayaan UNBK melalui pinjaman lunak pihak ke tiga, 3) Meningkatkan kualitas SDM melalui pelatihan dan pembinaan.

Kata kunci: Evaluasi Pendidikan, TIK, Proktor, UNBK

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustino, L. (2017). Dasar dasar Kebijakan Publik (7th ed.). Bandung: Alfabeta.

Arif, R. (2009). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Aswaja.

Arif Rohman, Dardiri, A., & Setya Raharja. (2014). Kebijakan Politk Anggaran Pendidikan Kota Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 7(2).

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10(1), 46–62.

BSNP. (2018). Pendidikan Berbasis Standar (Tantangan Mutu Pendidikan Nasional). (4), 28.

Creswell, J. W. (2008). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Edisi III.

Erwan, A., & Ratih, D. (2012). Implementasi kebijakan publik: konsep dan aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta.

Kemdikbud. (n.d.). Ujian Nasional Berbasis Komputer 2017/2018.

Kemdikbud. (2017). Jumlah Sekolah dan Siswa Menurut Kualifikasi UNBK dan Jenis Pendidikan.

Kemdikbud. (2017). Surat Edaran Mendikbud no 1 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan UN 2016/ 2017 (p. 3). p. 3.

Pakpahan, R. (2016). Model Ujian Nasional Berbasis Komputer : Manfaat Dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1), 19.

Priyono, F., Kanti, S., I, I. D., Amirulloh, I., P, E. S., & Rosiyadi, D. (2017). Analisis Sentimen Media Sosial Opini Ujian Nasional Berbasis Komputer menggunakan Metoda Naive Bayes. 1(2), 38–45.

Pullan, N. B., & Grindle, R. J. (1980). Productivity of white fulani cattle on the jos plateau, Nigeria. iv. economic factors. Tropical Animal Health and Production. https://doi.org/10.1007/BF02242648

Raco, J, R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif (L. Arita, Ed.). Jakarta: Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

Republik Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Rohman, A. (2012). Kebijakan pendidikan (analisis dinamika formulasi dan implementasi). Yogyakarta: Cv. Aswaja Pressindo.

Rusdiana, H. A. (2015). Kebijakan Pendidikan: dari Filosofi ke Implementasi. Bandung: Pustaka Setia.

Santi, M., & Prajana, A. (2018). Analisis implementasi ujian nasional berbasis komputer dengan ujian berbasis kertas di smpn 3 ingin jaya kabupaten aceh besar. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2, 84–91.

Septian, M. A., & Winarni, F. (2018). Implementasi kebijakan ujian nasional berbasis komputer di smp negeri 2 grabag. (3), 890–901.

Downloads

Published

2018-07-27

How to Cite

Muttaqin, F., & Juanda, A. (2018). Analisis Kesiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Mandiri Di SMP Muhammadiyah 10 Muncar Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 219–231. https://doi.org/10.22219/jkpp.v6i2.11617

Issue

Section

Artikel