Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Malang

Authors

  • Wahyudi Setyo Adi Purnomo Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ichsan Anshory Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jkpp.v7i1.12036

Abstract

Abstract: Education is the main thing in Indonesia in improving the quality of human resources. The role of the principal is very important to help improve the quality of education. This study aims to describe 1) the role of the principal in improving the quality of education in elementary schools Muhammadiyah 4 Malang. 2) efforts made by school principals in improving the quality of education in elementary school Muhammadiyah 4 Malang. In this research method using qualitative descriptive methods. The results of the study stated that 1) the role of the headmaster in improving the quality of education in elementary school Muhammadiyah 4 Malang was as a manager, leader, supervisor, administrator, educator, innovator, and motivator. 2) The principal's efforts in improving the quality of education in elementary school Muhammadiyah 4 Malang City include: a) making all improvements in all aspects of improving the quality of education; b) planning and preparing activity plans; c) coordinate the distribution of learning activities; d) supervise and evaluate teachers regarding learning activities; e) coordinate in carrying out all school activities.

Keywords: The Role of Principals, Quality of Education, Elementary School

 

Abstrak: Pendidikan merupakan hal utama di Indonesia dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Peran kepala sekolah sangat mempengaruhi untuk membantu meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar Muhammadiyah 4 Kota Malang. 2) upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar Muhammadiyah 4 Kota Malang. Dalam metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa 1) peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah SD Muhammadiyah 4 Kota Malang adalah sebagai manajer, pemimipin, supervisor, administrator, edukator, inovator dan motivator. 2) Adapun upaya kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah SD Muhammadiyah 4 Kota Malang diantaranya: a) melakukan semua perbaikan dalam semua aspek peningkatan mutu pendidikan; b) melakukan perencanaan dan penyusunan rencana kegiatan; c) mengkoordinasi pembagian kegiatan pembelajaran; d) melakukan supervise dan evaluasi guru mengenai kegiatan belajar; e) berkoordinasi dalam melakukan semua kegiatan sekolah.

Kata kunci: Peran Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan, Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sani, R., S.Arifin, R., Rif’an, M., & Triatna, C. (2018). Sistem Penjaminan Mutu Internal. Tangerang: TSmart.

Agung, I, dan Y. (2013). Pengembangan Pola Kerja Harmonis dan Sinergis antara Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas. Jakarta: Bestari Buana Murni.

Ahmad, S. (2013). Faktor Penentu Keberhasilan Kepala Sekolah. Jurnal Penelitian DanEvaluasi Pendidikan, 17(1), 127– 147.

Ayudia, C. (2014). Upaya kepala sekolah dalam meningkatkanpartisipasi orang tua di sdn kecamatan pariaman utara kota pariaman. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 100–107.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10(1), 46–62.

Creswell, J. W. (2008). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Edisi III.

Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 31–42.

Hanum, F. (2011). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam principal leadership roles in building the culture of the school in the national junior. (2), 1–14.

Harso, M. (2012). Educational Management. Educational Maagement, 1(1).

M, C. A. H., Djasmin, S., & Suntoro, I. (2017). Peranan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan ( Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu Baitul Jannah Bandar Lampung ). 1–9.

Mukhtaruddin. (2014). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Kinerja Karyawan pada STAIN T. Dirundeng. Jurnal At-Ta’dim., 3, 102.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhikmahyanti, D. (2013). Keefektifan Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Pengawas dan Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Yogyakarta [Effectiveness of Academic Supervision of School Supervisor and Headmaster in Senior High School in Yogyakarta City]. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 1(3).

Pidarta Made. (2011). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesai Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Rosdianti, S. R. I. R. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Kinerja Guru dan Peningkatan Mutu Pembelajaran : Studi Deskriptif pada Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Kota Bandung. Jurnal Kajian Pendidikan, 3(1), 93–106.

Rosyada, D. (2013). Paradigma Pendidikan Demokratis, Sebuah Model pelibatan Masyarakat dalam Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Ruyani, N. A. (2013). Iklim organisasi terhadap efektivitas sekolah ( Studi Deskriptif Analitik di SMP Negeri Kota Bandung ). Jurnal Administrasi Pendidikan, XVII(1), 107–114.

Sabirin. (2012). Perencanaan Kepala Sekolah Tentang Pembelajaran. Jurnal Tabularasa, 9(1), 111–128.

Sholehan. (2010). Strategi Pendidikan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sunarto. (2011). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Manajemen Berbasis Sekolah dan iklim organisasi terhadap kepuasan Kerja dan Kinerja Guru SMP di Wilayah Sub Rayon 04 Kabupaten Demak. Jurnal Analisis Manajemen, 5(1), 17–29.

Sutina, N. (2011). Panduan Perencanaan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wahjosumidjo. (2008). Kepemimpinan Kepala Sekolah.

Published

2020-05-04

How to Cite

Purnomo, W. S. A., & Anshory, I. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.22219/jkpp.v7i1.12036

Issue

Section

Artikel