Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Mendukung Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter Di SD Muhammadiyah 9 Malang

Authors

  • Ruli Alfi Mei Rosyida Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ahmad Juanda Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Mohammad Syahri Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jkpp.v7i1.12039

Abstract

Abstract: The negative impact of globalization is the increasingly worsening character of the younger generation. In overcoming the problem of demoralizing the younger generation, the Government of Indonesia issued a policy of strengthening character education. This study aims to describe (1) the implementation of character education to support strengthening character education(PPK) movement at elementary school Muhammadiyah 9 Malang. (2) supporting and inhibiting factors in the process of character education implementation in the context of supporting the PPK movement at elementary school Muhammadiyah 9 Malang. This research is a qualitative descriptive study, located at elementary school Muhammadiyah 9 Malang, with data collection techniques in the form of interviews, observations, and documentation. The results showed that (1) the implementation of PPK policies in schools was not much different from the character education programs that had previously been implemented. Strengthening the character education that runs is to add a variety of character planting habituation programs, increase the hours of character habituation activities, increase student learning activities and intensify a variety of programs that are already running at school. Schools implement the PPK movement according to the Ministry of Education and Culture's reference with three basic approaches. (2) Supporting factors are none other than full support provided by all schools and parents of students while inhibiting factors faced by schools are none other than students themselves and there are parents of students.

Keywords: Policy, Strengthening Character Education, Elementary Schools

 

Abstrak: Dampak yang dihasilkan globalisasi secara negatif yaitu semakin memburuknya karakter generasi muda. Dalam mengatasi persoalan demoralisasi generasi muda Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) implementasi pendidikan karakter dalam rangka mendukung gerakan PPK di SD Muhammadiyah 9 Malang. (2) faktor pendukung dan penghambat proses impelementasi pendidikan karakter dalam rangka mendukung gerakan PPK di SD Muhammadiyah 9 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, bertempat di SD Muhammadiyah 9 Malang, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi kebijakan PPK di sekolah tidak jauh berbeda dengan program pendidikan karakter yang sebelumnya sudah dilaksanakan. Penguatan pendidikan karakter yang berjalan yaitu dengan menambah berbagai program pembiasaan penanaman karakter, menambah jam kegiatan pembiasaan karakter, menambah kegiatan pembelajaran siswa dan mengintensifkan berbagai program yang sudah berjalan di sekolah. Sekolah mengimplementasikan gerakan PPK sesuai acuan kemendikbud dengan tiga basis pendekatan. (2) Faktor pendukung tidak lain berupa dukungan penuh yang diberikan oleh seluruh pihak sekolah dan orang tua siswa, sedangkan faktor penghambat yang dihadapi sekolah tidak lain berasal dari para peserta didik sendiri dan ada dari orang tua siswa.

Kata kunci: Kebijakan, Penguatan Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, I. (2017). Peran fasilitator guru dalam penguatan pendidikan karakter (PPK). Perspektif Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.21009/pip.312.6

Albertus, D. K. (2015). Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius.

Baharun, S. A. (2018). Pendidikan Full Day School dalam Perspektif Epistemologi Muhammad ‘Abid Al-Jabiri. Potensia. 4(1), 1–22.

Dahliyana, A. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sekolah. Jurnal Sosioreligi, 15(1), 54–64.

Daryanto, D. S. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Effendy, M. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter.

Grindle, M. S. (1980). Politics and Policy Implementation in The Third Word. New Jersey: Princeton University Press.

Kusnoto, Y. (2017). Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter. 4(2), 247–256.

Lestari, P. (2016). Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler Ekstrakurikuler, Dan Hidden Curriculum. 10(1), 71–96.

Maunah, B. (2015). Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, (1), 90–101.

Nucci, L., Narvaez, D., & Krettenauer, T. (2014). Handbook of moral and character education. In Handbook of Moral and Character Education. https://doi.org/10.4324/9780203114896

Octavia, E., & Rube, M. A. (2017). Penguatan pendidikan karakter berbasis pancasila untuk membentuk mahasiswa prodi ppkn menjadi warga negara yang baik dan cerdas. 4(1), 111–124.

Presiden Republik Indonesia. Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. , (2017).

Rahmandani, F., Tinus, A., & Ibrahim, M. M. (2018). Analisis dampak penggunaan gadget (smartphone) terhadap kepribadian dan karakter (kekar) peserta didik di SMA Negeri 9 Malang. Jurnal Civic Hukum. https://doi.org/10.22219/jch.v3i1.7726

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesai Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Republik Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sri Sumarni, Achmad Dardiri, D. Z. (2015). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Berbasis Penguatan Modal Sosial Bagi Mahasiswa UinSunan Kalijaga. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(1), 44–57.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Wulandari, Y. (2017). Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 4(1), 111–124.

Wuryandani, dkk. (2014). Internalisasi Nilai Karakter Disiplin Melalui Penciptaan Iklim Kelas Yang Kondusif Di Sd Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(2), 175–184.

Yusuf, M. (2013). Membentuk karakter melalui pendidikan berbasis nilai. Jurnal Al-Ulum, 13, 1–24.

Published

2020-05-04

How to Cite

Rosyida, R. A. M., Juanda, A., & Syahri, M. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Mendukung Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter Di SD Muhammadiyah 9 Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.22219/jkpp.v7i1.12039

Issue

Section

Artikel